visitaaponce.com

PKS Dinilai Nekat Usung Sohibul Iman sebagai Cagub Jakarta 2024

PKS Dinilai Nekat Usung Sohibul Iman sebagai Cagub Jakarta 2024
Keputusan PKS mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman dinilai nekat dan tidak mempertimbangkan potensi menang.(PKS)

LANGKAH Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 dinilai nekat dan tak mempertimbangkan potensi menang.

"PKS terlalu pede dan nekat tanpa melihat kapasitas kadernya untuk menang dalam pilkada Jakarta," kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga, Senin (24/6).

Jamiluddin mengatakan keputusan PKS sejatinya rasional. Sebab, PKS menjadi jawara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Jakarta.

Baca juga : Bakar Semangat Kader, PKS Pilih Sohibul Iman Ketimbang Anies Baswedan

"Karena itu, logika politik PKS sudah tepat. PKS sebagai pemenang memang idealnya mengusung kader potensialnya," ujar Jamiluddin.

Meski Sohibul kader loyal, lanutu Jamiluddin, akan sulit menjadi gubernur Jakarta. Pasalnya popularitas dan elektabilitas Sohibul Iman sangat rendah.

"Karena itu, ia sangat tidak memadai untuk diusung menjadi cagub," ujar Jamiluddin

Mesin partai PKS dipandang tidak akan mampu mendongkrak popularitas dan elektabilitas Sohibul Iman. Termasuk untuk mengejar elektabilitas figur seperti eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil.

"Setidaknya untuk mendekati popularitas dan elektabilitas Anies Baswedan dan Ridwan Kamil saja akan sangat sulit," kata Jamiluddin. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat