visitaaponce.com

Pelabuhan Ciwandan Kembali Beroperasi Selama Arus Mudik Lebaran

Pelabuhan Ciwandan Kembali Beroperasi Selama Arus Mudik Lebaran
Sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (29/12/2022)(ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengoperasionalkan Pelabuhan Ciwandan selama mudik lebaran 2023. Ini dilakukan untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak menyusul prediksi meningkatkan jumlah pemudik pada lebaran tahun ini.

"Pelabuhan Ciwandan bukan alternatif, tapi akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama mudik lebaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor dan truk logistik. Di sana akan dilayani dengan lintasan Ciwandan-Bakauheni untuk arus mudik dan Ciwandan-Panjang untuk arus mudik-balik," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam keterangan resmi, Selasa (14/3).

Hendro mengatakan, lintasan Ciwandan-Bakauheni akan disiapkan 12 unit kapal RoRo, sedangkan lintasan Ciwandan-Panjang akan disiapkan tiga unit kapal milik PT. Pelni dan PT. ALP.

Baca juga: Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diperkirakan Capai 42 Ribu Kendaraan

Selain itu, ada lima dermaga di Pelabuhan Ciwandan yang telah disiapkan. Di antaranya dermaga 02, dermaga 03, dermaga 05A, 06 dan juga 07 dengan rencana 24 trip per-hari. Sementara itu, dermaga yang beroperasi di Pelabuhan Merak sebanyak tujuh dermaga dan menyediakan 65 kapal RoRo.

"Nantinya kendaraan roda empat dan bus akan menggunakan Pelabuhan Merak untuk arus mudik dan Bakauheni untuk arus balik, terpisah dengan kendaraan roda dua dan truk agar tidak terlalu padat," katanya.

Baca juga: Manajemen Arus Mudik dan Balik Lebaran Harus Disiapkan Matang

Ia menambahkan, pengalihan sepeda motor dan truk ke Pelabuhan Ciwandan akan dilakukan secara sistem melalui aplikasi Ferizy. Penjuala tiket khusus sepeda motor dan truk logistik hanya ada pilihan melalui lintas Ciwandan-Bakauheni dan Ciwandan-Panjang.

"Diharapkan dengan beroperasinya Pelabuhan Ciwandan dapat mengurangi waktu tunggu pengguna sepeda motor untuk diangkut masuk ke kapal penyeberangan," tuturnya.

Selain itu, Hendro pun mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara daring (online) melalui Ferizy baik saat mudik maupun balik.

"Kepada masyarakat saya sarankan untuk membeli tiket penyeberangan melalui aplikasi Ferizy dan kalau bisa beli tiket lebih awal atau jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan," imbau Hendro. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat