visitaaponce.com

Sampah Seberat 49 Ribu Ton Diprediksi Warnai Jalur Mudik

Sampah Seberat 49 Ribu Ton Diprediksi Warnai Jalur Mudik
Ilustrasi(Medcom.id)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memprediksi adanya timbulan sampah sebanyak 49.520 ton di sepanjang jalur mudik. Jumlah itu merupakan akumulasi dalam dua pekan berlangsungnya angkutan lebaran tahun ini.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengungkapkan, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, ada sebanyak 123,8 juta orang yang akan kembali ke kampung halaman. Angka itu meningkat 28% dibanding tahun kemarin.

"Tentu saja ada peningkatan sampah dengan jumlah pemudik yang meningkat itu," kata Vivien di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (18/4).

Baca juga: Korlantas Petakan 9 Titik Rawan Kecelakaan Khusus Tol Trans Jawa

Secara keseluruhan, Vivien belum bisa memprediksi berapa banyak penambahan sampah yang akan terjadi saat lebaran. Namun demikian, ia memperkirakan, per satu pemudik akan menghasilkan 0,7 kilogram sampah per hari.

"Oleh karena itu, kami dari KLHK bekerja sama dengan pemerintah daerah, dengan Pemda DKI untuk antisipasi supaya sampah itu tidak membludak karena kita tahun kan sekarang pandemi sudah lewat jadi orang sudah bisa mudik dengan bebas," tandasnya. (Z-11)

Baca juga: Jangan Asal Pilih Jalur Alternatif! Simak Nih Pesan Kapolri untuk Pemudik

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat