visitaaponce.com

KLHK Minta Pemda dan Pemudik Bisa Kendalikan Sampah

KLHK Minta Pemda dan Pemudik Bisa Kendalikan Sampah
Ilustrasi(Medcom.id)

Guna mencegah lonjakan timbulan sampah di daerah selama mudik lebaran, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor SE 2/MENLHK/PSLB3/PLB.2/4/2023 tentang Pengendalian Sampah dalam Rangkaian Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 2023.

Melalui SE tersebut, KLHK meminta pemerintah daerah melakukana antisipasi dengan menyiapkan tempat-tempat sampah yang memadai di daerah ramai pemudik.

"SE itu tentang Ramadan minim sampah, mudik minim sampah dan lebaran minim sampah. Ada tiga hal dan di situ memang surat edaran itu diberikan kepada gubernur, bupati, walikota untuk menyiapkan pemilahan sampah dan sebagainya,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Rosa Vivien Ratnawati di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (18/4).

Baca juga: Sampah Seberat 49 Ribu Ton Diprediksi Warnai Jalur Mudik

Salah satu lokasi yang menjadi sorotan KLHK adalah tampat peristirahatan atau rest area yang dipastikan akan sangat ramai pada masa angkutan lebaran.

"Karena padat sekali dan kami juga khawatir di rest area juga akan membludak sampahnya. Oleh karena itu memang kami juga mengadakan kampanye, pengumuman juga yang kami sebarkan di seluruh rest area untuk tetap menjaga sampahnya," imbuhnya.

Baca juga: Korlantas Petakan 9 Titik Rawan Kecelakaan Khusus Tol Trans Jawa

Vivien pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalani gaya hidup minim sampah di manapun berada. Sebisa mungkin, lanjut dia, para pemudik harus menjaga diri untuk tidak menghasilkan sampah. Caranya ialah dengan menggunakan barang-barang bukan sekali pakai.

"Kami mengimbau kepada masyarakat walaupun dalam suasana hati yang senang, penuh kemenangan, dan merayakan hari raya Idulfitri, tapi jangan lupa untuk merayakannya dengan mengendalikan sampah. Batasi dihasilkannya sampah, pakailah produk-produk yang recycleable, jangan plastik sekali pakai," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat