visitaaponce.com

KLHK Minta Pemudik tidak Gunakan Barang Sekali Pakai

KLHK Minta Pemudik tidak Gunakan Barang Sekali Pakai
Ilustrasi(Medcom.id)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta masyarakat, terutama para pemudik, tidak menggunakan barang-barang sekali pakai seperti plastik atau styrofoam. Itu perlu dilakukan untuk mengurangi timbulan sampah di daerah atau di sepanjang jalur mudik.

"Kita mendorong agar barang-barang sekali pakai itu dikurangi. Oleh karena itu, mudik tahun ini, surat edaran menjadi lebih luas. Kalau dulu cuma mudik saja, sekarang ada ramadhan minim sampah, ada mudik minim sampah, dan ada lebaran minim sampah," kata Direktur Novrizal Tahar di Jakarta, Rabu (19/4).

Sejak 2016, Novrizal menegaskan bahwa kampanye minim sampah terus dilakukan. Indonesia berkomitmen untuk menetapkan target untuk pengurangan sebesar 30% dan dan penanganan sampah dengan benar sebesar 70% dari total timbulan sampah pada 2025. Ia pun berharap semua pihak memiliki kesadaran untuk mengurangi sampah mulai dari diri masing-masing.

Baca juga: KLHK Minta Pemda dan Pemudik Bisa Kendalikan Sampah

"Harapannya memang walaupun sampah di masa mudik meningkat, kesiapan pemerintah daerah dan teman-teman di pengelola terminal, pelabuhan, bandara, rest area itu sudah lebih siap dan masyarakatnya juga menjadi lebih meningkat kesadarannya," tandasnya.

Sebelumnya, KLHK telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor SE 2/MENLHK/PSLB3/PLB.2/4/2023 tentang Pengendalian Sampah dalam Rangkaian Kegiatan Hari Raya Idul Fitri 2023. Melalui SE tersebut, KLHK meminta pemerintah daerah melakukana antisipasi dengan menyiapkan tempat-tempat sampah yang memadai di daerah ramai pemudik.

Baca juga: Sampah Seberat 49 Ribu Ton Diprediksi Warnai Jalur Mudik

"SE itu tentang Ramadan minim sampah, mudik minim sampah dan lebaran minim sampah. Ada tiga hal dan di situ memang surat edaran itu diberikan kepada gubernur, bupati, walikota untuk menyiapkan pemilahan sampah dan sebagainya,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Rosa Vivien Ratnawati di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Selasa (18/4).

Salah satu lokasi yang menjadi sorotan KLHK adalah tampat peristirahatan atau rest area yang dipastikan akan sangat ramai pada masa angkutan lebaran.

"Karena padat sekali dan kami juga khawatir di rest area juga akan membludak sampahnya. Oleh karena itu memang kami juga mengadakan kampanye, pengumuman juga yang kami sebarkan di seluruh rest area untuk tetap menjaga sampahnya," imbuhnya. (Z-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat