visitaaponce.com

Ini Penyebab Hujan Es Terjadi di Sumatera Selatan

Ini Penyebab Hujan Es Terjadi di Sumatera Selatan
Ini Penyebab Hujan Es Terjadi di Sumatera Selatan(Thinkstock)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Palembang mengklaim saat ini di wilayahnya tengah terjadi musim peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Di musim peralihan ini, beberapa kali dalam sepekan terakhir turun hujan dengan intensitas tinggi.

Bukan hanya hujan air, bahkan di Sumsel juga ada fenomena hujan es yang merupakan hujan tak biasa. Hal itu dialami warga di Jalan Kemuning, Kelurahan Jogoboyo, Lubuklinggau, Sumsel.

Salah satu warga Lubuklinggau, Muhammad Suwanto (22 tahun) menjelaskan kejadian fenomena hujan es benar dialaminya dan warga lain. "Awalnya langit mendung, kemudian hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Kelamaan ternyata ada butiran es sekitar 2 cm dari langit bersamaan dengan hujan," jelasnya.

Sementara itu Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun SMB II Palembang, Bambang Beny Setiaji  membenarkan adanya fenomena tersebut terjadi di Lubuklinggau, Sumsel.

Berdasarkan hasil analisis, hujan es atau fenomena hail ini terjadi oleh awan cumulonimbus yang dekat permukaan sekitar 5 kilometer. Pada saat itu, daya angkat udara tidak kuat dikarenakan dinamika atau golakan dalam awan tersebut signifikan. "Biasanya fenomena ini disertai dengan angin kencang, dan tempo waktunya juga singkat. Ini sering terjadi saat peralihan musim," katanya. (X-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Anwar Surachman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat