visitaaponce.com

Guru Besar Unpad Terpilih Rektor Perempuan Pertama di Unsika

Guru Besar Unpad Terpilih Rektor Perempuan Pertama di Unsika
Rektor Unsika terpilih Sri Mulyani(Dok Unsika)

GURU besar Universitas Padjajaran Sri Mulyani terpilih menjadi rektor perempuan pertama Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika).

Dia terpilih memimpin perguruan tinggi negeri di Karawang, Jawa Barat, itu setelah memperoleh 35 suara dan mengalahkan dua kandidat lainnya yaitu Sulistio Purnomo Sidik yang meraih 13 suara Didin Wahidin yang meraih 3 suara.

Dari hasil pemilihan tersebut, Senat Unsika menggelar sidang pleno tertutup untuk menetapkan Sri Mulyani sebagai rektor baru periode 2020-2024.

Ketua Komisi A Bidang Akademik Senat Unsika Eka Yusup, Sabtu (18/4), mengatakan pemilihan rektor secara virtual merupakan cara alternatif dalam berdemokrasi kampus menghadapi pandemi korona.

Lanjutnya, pemilihan rektor secara virtual sesuai dengan anjuran Kemendikbud. Pemilihan dilakukan dengan cara e-voting (pemilihan elektronik). "Alhamdulillah proses pemilihan berjalan lancar. Semua anggota senat Unsika dapat hadir secara online," ujar Eka.

Eka menjelaskan pemilihan rektor Unsika telah dilakukan secara dua tahap. Pada tahap pertama adalah pemilihan dari lima kandidat yang dilaksanakan pada Senin (16/3).

Dari lima calon itu akhirnya mengerucut menjadi tiga calon. "Ke tiga calon yang lolos di pemilihan tahap awal itulah yang kemudian maju pada pemilihan tahap berikutnya," ujar Eka.

Baca juga: Permintaan Avtur di Bandara Jawa Tengah Berkurang Hingga 72%

Dalam tahap pertama tidak ada suara tambahan dari Kemendikbud. Jadi total suara yang masuk pada pemilihan tahap 1 murni internal dari anggota Senat Unsika yang berjumlah 33 orang.

Pada tahap kedua, komposisi suara ditambah dengan tambahan dari kemendikbud sebanyak 18 suara. "Komposisinya menjadi 65% suara dari anggota senat Unsika (33 suara) dan 35% (18 suara) dari Kemendikbud," papar Eka.

Baca juga: Pandemi Korona, Dokter di Ternate Tutup Praktik Pribadi

Rektor Unsika terpilih Sri Mulyani sangat mengapresiasi sedalam-dalamnya atas proses pemilihan rektor tersebut.

Dia juga mengcucapkan terima kasih kepada Rektor Unsika periode sebelumnya Wahyudin Zarkasyi. "Pak Zarkasyi yang meletakan fondasi organisasi Unsika ketika status Unsika berubah menjadi PTN dengan mekanisme Satker (Satuan Kerja) dari Kemendikbud," kata Sri yang sebelumnya menjabat Ketua Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran

Ia juga berjanji bakal melakukan transformasi Unsika sebagai PTN baru di Jawa Barat yang mampu bersaing di tingkat nasional dan regional. (X-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Henri Siagian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat