visitaaponce.com

Aktivitas Vulkanik Ile Lewotolok Melonjak Warga Dievakuasi

Aktivitas Vulkanik Ile Lewotolok Melonjak Warga Dievakuasi
Pengungsi akibat erupsi Gunung Ile Lewotolok, NTT(MI/Alexander P. Taum)

AKTIVITAS vulkanik Gunung Ile Lewotolok pasca erupsi eksplosif, Minggu (29/11), terus mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi sejak Senin (30/11/2020) hingga hari ini, Selasa (1/12/2020).

Kepala Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian, kepada Media Indonesia, menyebutkan, dalam dua hari terakhir aktivitas vulkanik Gunung Ile Lewotolok meningkat.

"Dua hari terakhir gempa vulkanik meningkat. Kemarin saja terjadi 40 kali gempa vulkanik dalam. Sedangkan kondisi erupsi hari ini (Selasa 1/12/2020) terhitung sejak pukul 06.00 sampai pukul 12.00 wita, terjadi lima kali erupsi. Dari data seismic ini, potensi terjadinya erupsi eksplosif masih bisa terjadi. Kita tidak berharap itu tidak terjadi, tetapi informasi ini untuk meningkatkan kewaspadaan di masyarakat," ungkap Stanislaus Arakian, Selasa (1/12)

Pemerintah Kabupaten Lembatapun mengerahkan Tim SAR dan anggota TNI, Tagana, Pramuka dan Polri guna mengevakuasi warga yang memilih bertahan di Desa dalam radius 4 km dari puncak kawah Ile Lewotolok.

Kepala BPBD Kabupaten Lembata, Kanisius Making, menjelaskan pihaknya, telah melakukan evakuasi teradap warga yang masih bertahan di wilayah Tenggara Gunung Ile Lewotolok.

Evakuasi dilakukan pada Selasa (1/12/2020) pukul 01.50 dinihari. Tim evakuasi mambawa 250 warga dari Tenggara Ile Lewotolok. Para pengungsi itu kini di tampung di SMPN I Lewoleba.

Hingga saat ini terdapat 5.526 total pengungsi akibat erupsi Gunung Ile Lewotolok yang tersebar di 17 Posko Penampungan yang disediakan pemerintah. (OL-13)

Baca Juga: Imbas Erupsi Gunung Ile Lewotolok, Bandara Wonopito Ditutup

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat