visitaaponce.com

Pemkab Raja Ampat Gelar Patroli Gabungan di Kawasan Perbatasan

Pemkab Raja Ampat Gelar Patroli Gabungan di Kawasan Perbatasan
Tim Gabungan Patroli Perbatasan Kabupaten Raja Ampat:(MI/Martinus Solo)

RAJA Ampat merupakan salah satu kabupaten di Papua Barat yang memiliki posisi strategis. Memiliki potensi sumber daya alam yang kaya, khususnya kelautan-perikanan dan pariwisata serta memiliki garis batas wilayah yang bersentuhan langsung dengan negara luar. Di wilayah utara berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Negara Republik Federal Palau. Sisi selatan berbatasan dengan Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, lalu bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Seram Utara, Seram Barat dan Laut Seram.

Dalam rangka meningkatkan keamanan wilayah, maka Badan Perbatasan Daerah dalam kerja sama dengan Lantamal XIV Sorong menggelar Patroli Gabungan Kawasan Perbatasan menggunakan armada Kapal Angkatan Laut Betok.

Kepala Badan Perbatasan Daerah Kabupaten Raja Ampat Mohliyat Mayalibit menyatakan penguatan wilayah perbatasan sangat penting dan hal ini dapat dilakukan baik melalui patroli maupun pembangunan infastruktur pendukung seperti pos AL di beberapa titik di Raja Ampat.

"Kita hanya ingin penguatan wilayah perbatasan kita" tegas Mayalibit melalui keterangan resmi, Jumat (8/1).

Baca juga: Bupati Raja Ampat Janjikan ASN Dapat Tambahan Penghasilan Pegawai

Fungsi Badan Perbatasan Daerah sangat penting guna melakukan patroli dan pengawasan wilayah. Apalagi hadirnya UU No.23 tahun 2014, beberapa Dinas teknis (Dinas Kelautan dan perikanan) tidak memiliki ruang dan tugas melakukan pengawasan karena kewenangannya diambil alih Provinsi.

Mayalibit berharap ke depan ada komitmen dan kerja sama dari seluruh stakeholder dalam mengelola dan mengawal kawasan perbatasan Raja Ampat.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat