visitaaponce.com

KRI Semarang Merapat ke Belitung Bantu Penyediaan Oksigen

KRI Semarang Merapat ke Belitung Bantu Penyediaan Oksigen
Ilustrasi KRI memproduksi oksigen(ANTARA)

UNTUK membantu penanganan pasien covid-19 yang membutuhkan Oksigen. KRI Semarang 594 akan merapat ke Pulau Belitung, Selasa (10/8).

Kolonel Laut, Fajar Hernawan mengatakan, KRI Semarang-594 diperkirakan akan tiba di perairan Belitung Selasa pagi (10/8) dari Surabaya. 

KRI ini menurutnya, berjenis kapal BRS (Bantu Rumah Sakit). Kapal ini akan membantu penyediaan oksigen di Pulau Belitung, atas permintaan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kepada TNI AL.

Fajar menyebutkan. KRI ini tidak membawa oksigen dalam bentuk tabung yang sudah jadi, tapi KRI Semarang bisa memproduksi oksigen seperti KRI Soeharso. KRI SMR ini juga adalah jenis Rumah Sakit seperti KRI Soeharso. 

Ia menjelaskan, kapal tersebut bergerak ke Belitung, karena di sana alat produksi oksigen di rumah sakit setempat sedang mengalami kerusakan. Hal tersebut membuat Gubernur Babel Erzaldi meminta bantuan TNI AL mengirimkan KRI Semarang-594, yang diketahui adalah sebuah kapal yang spesifikasinya memproduksi oksigen. Agar ketersediaan oksigen tetap terjaga. 

"Di Belitung alatnya (produksi oksigen) mengalami kerusakan, jadi ini untuk back-up rumah sakit di Belitung. Kapal ini bisa memproduksi oksigen 24 jam terus-menerus," jelasnya.

Kapal akan berlabuh di sekitar Tanjungpandan. Setelah berada di sana, oksigen-oksigen akan ditransfer menggunakan kapal sejenis 
sekoci milik KRI yakni Landing Craft Utilities_(LCU) ke darat. 

"Bapak gubernur memang perdana meminta bantuan oksigen ini. Tapi  sebelum-sebelumnya kita, baik itu TNI AL, TNI AD, TNI AU dan Polri  bersama-sama telah saling bantu. Kita semua bergerak bersama-sama saling membantu dalam penanganan pencegahan tersebarnya Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Antara lain dengan serbuan vaksin, monitoring dan penegakan PPKM, imbauan kepada masyarakat tentang penerapan 5M secara disiplin," terangnya. (RF/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat