visitaaponce.com

Merah Putih Dikibarkan di Dasar Laut Kajuwulu

Merah Putih Dikibarkan di Dasar Laut Kajuwulu
Para penyelam bersiap mengibarkan bendera Merah Putih di pantai Laut Kajuwulu di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, NTT.(MI/Dok Maumere Diver Community)

DI masa pandemi covid-19 dengan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat, komunitas menyelam Maumere Diver Community (MDC) mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut perairan Pantai Kajuwulu, yang berada di Desa Magepanda, Kecamatan Magepanda, Nusa Tenggara Timur, Jumat (13/8).

Pengibaran bendera itu dilakukan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Ada sekitar 20 penyelam yang diturunkan untuk mengibarkan bendera Merah Putih berukuran 10 x 4 meter di lokasi salah satu destinasi wisata terfavorit di Kabupaten Sikka itu.

Baca juga: BIN Adakan Vaksinasi Lanjutan Kalangan Pelajar di Sleman

Sebelum bendera Merah Putih dikibarkan di kedalaman laut sekitar 8 meter oleh 20 penyelam, terlebih dahulu dilakukan parade yang diambil di titik start di atas Bukit Salib Tanjung Kawujulu.

Selanjutnya, bendera Merah Putih itu diserahkan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo kepada Ketua Susantri Florence Mandona untuk dikibarkan di lokasi Laut Kajuwulu dalam rangka menyambut HUT ke 75 RI.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Sikka itu mengatakan, di masa pandemi dan meski Sikka masuk PPKM level empat, komunitas penyelam MDC tetap membuat terobosan yang luar biasa dengan mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut tepatnya di lokasi destinasi wisata bahari perairan Laut Kajuwulu ini.

"Saya pantas berikan apresiasi kepada MDC ini. Dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-76, kalian melakukan aktivitas dengan mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut. Ini mungkin yang sudah kesekian kali saya melihat pengibaran bendera di dasar laut. Kalian anak-anak muda luar biasa," ujar Bupati yang biasa disapa Robby Idong itu.

Dia pun berharap, dalam situasi pandemi yang melanda, semangat untuk memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tidak boleh kendor. Sebab, dengan semangat itulah kita sebagai bangsa yang merdeka, yang kuat, bisa menghadapi situasi sesulit apapun terutama dilanda virus Covid-19.

Ketua Panitia Kegiatan Susantri Florence Mandona menjelaskan, dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 ini, mereka sengaja memilih lokasi pengibaran bendera di Laut Kajuwulu.

Disampaikannya, selain memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 76 ini, kegiatan pengibaran bendera Merah Putih ini dilakukan dengan tujuan menjadikan laut di Kajuwulu sebagai destinasi spot menyelam bagi para wisatawan.

"Kan spot alam di bawah laut yang ada di Kajuwulu ini kan sangat indah. Ini merupakan aset yang luar biasa. Ini harus menjadi perhatian semua pihak dalam upaya menjaga dan melestarikannya terutama mengajak para wisatawan untuk menyelam di lokasi ini," tandas Mandona.

Terkait pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut, ia mengungkapkan ada 20 orang penyelam yang membentangkan bendera Merah Putih dengan ukuran 10x4 meter dengan kedalaman laut 8 meter.

"Kita berharap dengan pengibaran bendera Merah Putih ini, semua orang banyak lebih tahu lagi tentang spot wisata di Kajuwulu ini. Terutama bagi mereka yang ingin menyelam di lokasi itu," pungkas dia. (OL-1) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat