visitaaponce.com

Kasus Covid-19 Bertambah, 12 Sekolah di Cimahi Tutup

Kasus Covid-19 Bertambah, 12 Sekolah di Cimahi Tutup
Seorang anak SD menerima vaksinasi yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 Kota Cimahi, Sabtu (31/7).(MI/Depi Gunawan.)

KASUS covid-19 di kalangan guru dan siswa di Kota Cimahi, Jawa Barat, kian mengkhawatirkan. Imbasnya, belasan sekolah mulai dari jenjang TK, PAUD, SD, dan SMP ditutup serta tidak diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka
(PTM).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, menyebutkan, total 12 sekolah harus ditutup untuk mencegah penyebaran covid-19 karena beberapa guru dan siswa dinyatakan positif korona. "Kami menerima laporan ada peningkatan kasus luar biasa. Untuk hari ini ada 12 sekolah yang ditutup," kata Harjono, Senin (7/2).

Dari 12 sekolah tersebut, Harjono menerangkan, ada 13 siswa dan 2 guru yang dinyatakan positif terpapar korona. Mereka tertular korona bukan dari aktivitas PTM, melainkan bisa dari keluarganya yang sebelumnya terpapar.

Harjono melanjutkan, aktivitas PTM di Cimahi saat ini sudah dibatasi menjadi 50%. Untuk 12 sekolah yang ditutup kini dialihkan ke daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). "Sekolah yang ditutup harus melaksanakan pembelajaran daring," ucapnya.

Puskesmas Cimahi Tengah melaksanakan swab test PCR terhadap ratusan siswa yang pernah kontak erat dengan siswa dari dua sekolah yang sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19. "Sebelumnya kami lakukan tracing, lalu sekarang melaksanakan tes untuk memastikan apakah mereka tertular atau tidak. Jumlahnya sekitar 108 orang dari dua sekolah," ungkap Kepala Puskesmas Cimahi Tengah dr. Sri Utari.

Baca juga: Polres Bantul belum Tetapkan Tersangka Kecelakaan Bus Pariwisata

Selain terhadap siswa, swab test PCR juga dilakukan kepada guru. Setelah ini, mereka diharuskan menjalani isolasi mandiri hingga hasil tesnya keluar.

"Mereka tidak boleh ke sekolah sampai hasilnya keluar antara 4-5 hari. Untuk tesnya kami kirim ke Labkesda Jabar," jelasnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat