visitaaponce.com

Kejar Kekebalan Kelompok, BINDA DIY Gelar Percepatan Vaksinasi

Kejar Kekebalan Kelompok, BINDA DIY Gelar Percepatan Vaksinasi
Binda DIY menggelar vaksinasi massal di tiga kabupaten untuk membuat herd immmunity, suasana vaksinasi di Kulonprogo, Minggu (27/2)(MI/Agus Utantoro)

BADAN Intelejen Negara Daerah (BINDA) Daerah Istimewa Yogyakarta menggencarkan vaksinasi booster untuk masyarakat umum di Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

Vaksinasi untuk masyarakat umum ini, kata Korwil Vaksinasi Binda Kabupaten Kulonprogo, Wury Atmaja, Minggu dimaksudkan untuk mempercepat tercapainya kekebalan komunal. "Pemberian vaksin masih menjadi satu hal yang penting dan efektif untuk mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity," ujarnya di Kulonprogo.'

Karena itu Wury mengajak seluruh lapisan masyarakat mendatangi sentra vaksin terdekat. Dia mengimbau masyarakat tak perlu risau divaksin.

"Binda DIY juga terus mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat dari semua kelompok usia agar tidak perlu takut atau risau untuk mendatangi sentra vaksin yang telah disediakan," imbuhnya.

Pada kesempatan itu Wury pun menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Tetap melaksanakan prokes 5M, menjaga jarak, memakai masker, mencuci Tangan, membatasi mobilitas, dan menjauh kerumunan secara ketat di mana pun berada guna mencegah penularan virus COVID-19 di sekitar kita," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Binda DIY menggeber vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk lansia. Hal tersebut menyusul perubahan aturan jarak interval minimal 3 bulan bagi lansia.

Di tempat terpisah Koordinator Vaksinasi BINDA DIY Adi Riyanto mengatakan berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, BINDA terus mempercepat capaian target vaksinasi. "Hari ini kita menyelenggarakan vaksinasi di tiga tempat, yaitu di Kecamatan Ngaglik, Kapanewon Depok, dan di sini Kapanewon Minggir," katanya.

Dia mengatakan, dari kegiatan vaksinasi booster di tiga tempat itu, antusiasme masyarakat umum luar biasa, di satu titik rata-rata sasaran sekitar seribu orang, hal itu karena masyarakat menyadari bahwa vaksinasi dosis tiga diperlukan untuk penguat kekebalan tubuh.

Menurut dia, dalam beberapa hari terakhir ini kembali muncul kematian akibat covid-19. Kebanyakan dari mereka yang meninggal dunia ini, karena belum mendapatkan vaksin, orang dengan komorbid dan lansia.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (27/2) ini tercatat adanya penambahan 2.050 kasus baru covid-19. Sedangkan kasus sembuh se banyak 845 kasus dan penambahan kasus meninggal dunia 13 kasus. (OL-13)

Baca Juga:Vaksinasi Anak di Bangka Tengah Capai 76 Persen

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat