visitaaponce.com

Umat Hindu Gelar Upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan

Umat Hindu Gelar Upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan
Umat Hindu mengikuti prosesi Tawur Agung Kesanga di Komplek Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (2/3).(ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

MENJELANG perayaan Hari Suci Tahun Baru Saka 1944, umat Hindu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menggelar upacara ritual Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan, Rabu (2/3).

Upacara Tawur Agung Kesanga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta'in Ahmad, dan diikuti sekitar 800 umat Hindu  perwakilan Jateng dan DI Yogyakarya.

Kegiatan upacara diawali dengan prosesi mendak tirta dan bethara atau berkeliling mengitari pelataran Candi Prambanan. Namun, dalam upacara  kali ini tidak menampilkan ogoh-ogoh.

Salah satu anggota panitia, Suparman, menjelaskan tema kegiatan upacara tahun ini, yakni aktualisasi nilai-nilai tat twam asi dalam moderasi beragama untuk menuju Indonesia tangguh.

Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Klaten, Syamsuddin Asyrofi, mengatakan momentum peringatan Hari Nyepi mengajak semua pihak untuk merawat kerukunan antarumat beragama.

"Dalam membangun  kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sangat diperlukan kerukunan. Sebab, tanpa kerukunan tidak ada
persatuan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah, Musta'in Ahmad, menyampaikan apresiasi dan selamat memperingati Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu.

"Selamat Hari Nyepi 2022, semoga kita mampu mewujudkan dan merawat kerukunan antarumat beragama, meningkatkan rasa kebersamaan, serta menjaga persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan," tandasnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat