visitaaponce.com

BBM Solar Sulit di SPBU Kalsel Sopir Truk Ancam Mogok

BBM Solar Sulit di SPBU Kalsel Sopir Truk Ancam Mogok
Kendaraan truk mengantre BBM jenis solar di SPBU di Kalsel.(MI/Denny Susanto)

PULUHAN sopir truk berunjukrasa di depan kantor Pertamina di Banjarmasin, memprotes kondisi kelangkaan BBM jenis solar yang sudah berlangsung lama dan hingga kini belum teratasi. Para sopir angkutan barang ini mengancam melakukan mogok massal.

Aksi unjukrasa berlangsung di depan kantor Pertamina Cabang Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (9/3) siang, dengan membawa sejumlah armada truk dan spanduk yang bertuliskan protes kondisi kelangkaan solar. Aksi ini merupakan lanjutan dari aksi demo yang pernah dilakukan November 2021 lalu.

Perwakilan sopir yang berunjukrasa Toni mengungkapkan kondisi kelangkaan BBM jenis solar sudah berlangsung lama. "Solar sulit diperoleh di SPBU. Jika pemerintah gak mau tahu maka kami pun gak mau tahu. Kami tidak angkut barang (mogok kerja)," tegasnya.

Para sopir juga menuntut adanya kebijakan pembuatan jalur khusus pengisian BBM Bio Solar bagi truk angkutan barang di SPBU. Sales Area Manager PT Pertamina Kalsel-Kalteng, Drestanto mengatakan pihaknya hanya menjalan aturan dari pemerintah. Sejatinya berbagai upaya sudah dilakukan pertamina dalam menangani masalah BBM jenis solar ini, termasuk, menambah kuota di Kalsel.

Beberapa waktu lalu Unit Manager Communications, Relations & CSR Pertamina MOR VI Kalimantan, Susanto August Satria mengatakan stok BBM solar (JBT) untuk wilayah Kalsel aman. "Tugas Pertamina adalah menyalurkan Solar JBT yang notabene adalah subsidi ini sesuai peruntukkannya berdasar aturan dan berdasar kuota pada tahun berjalan. Aktivitas masyarakat yang kembali bergeliat menyebabkan permintaan BBM juga meningkat," ujarnya.

Satria juga mengatakan penyaluran JBT solar diperlukan pengawasan semua pihak agar tepat sasaran. Pemprov Kalsel sendiri telah mengeluarkan Surat Edaran terkait penggunaan solar dan pembatasan pembeliannya untuk kategori kendaraan tertentu. (OL-13)

Baca Juga: ASN Bengkulu Dilarang Pakai Gas Subsidi

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat