visitaaponce.com

PLN Percepat Pembangunan Tol Listrik di Sumatra

PLN Percepat Pembangunan Tol Listrik di Sumatra
Potret pekerja memasang instalasi listrik di menara SUTET.(Antara)

PT PLN (Persero) tengah menyelesaikan pembangunan jaringan tol listrik di Sumatra. Tujuannya, memperkuat keandalan listrik yang menopang perekonomian di wilayah tersebut.

Untuk mempercepat proyek tol listrik, PLN membangun Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Gumawang-Lampung 1. Pembangunan tersebut untuk mengantisipasi beban puncak wilayah Lampung yang telah mencapai 1.200 megawatt (MW).

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan Muhammad Dahlan Djamaluddin menyebut dengan pembangunan jaringan transmisi SUTET ini bakal menghemat operasional perseroan.

Baca juga: Menkeu: Subsidi Energi Rp502 Triliun Akan Habis dan Tidak Mencukupi

"Dengan segera beroperasinya pembangkit dan jaringan transmisi penghubung jalur evakuasi daya ini, akan ada penghematan biaya pokok produksi sebesar Rp402,21 miliar per tahun,” jelas Dahlan dalam keterangannya, Selasa (23/8).

Selain itu, SUTET 275 kV Lahat (Lumut Balai)-Gumawang dan SUTET 275 kV Phi Incomer Muara Enim juga tengah dipacu. Adapun pembangunan dilakukan secara paralel dan simultan, dengan konstruksi dan pengadaan tanah terus dikerjakan.

Baca juga: 8 Perusahaan Kakap Batu Bara Meraup Untung Hingga Rp101 Triliun

Salah satu upaya percepatan, yakni pembahasan proses persetujuan pengggunaan lahan PTPN VII Unit Beringin untuk pembangunan SUTET 275 kV Phi Incomer Muara Enim 1 dan 2, sebagai jalur transmisi pendukung backfeeding dan evakuasi daya dari PLTU Sumsel 8.

Adapun Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Zainal Abidin mengatakan bahwa proyek ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek tersebut akan menunjang kemajuan dan perkembangan ekonomi Lampung.(OL-11)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat