visitaaponce.com

Sulsel Jaga Ketersediaan Pangan Paska Kenaikan Harga BBM

Sulsel Jaga Ketersediaan Pangan Paska Kenaikan Harga BBM
Pemprov Sulawesi Selatan menyiapkan langkah antisipasi menjaga ketersediaan pangan tetap aman paska kenaikan harga BBM, stok beras aman.(MI/Andri Widiyanto)

PELAKSANA tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Selatan, Tautoto Tanaranggina mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sulsel, menyiapkan langkah antisipasi menjaga ketersediaan pangan tetap aman pasca-kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Salah satu langkah yang dilakukan, yaitu dengan menyiapkan buffer stock (stok pengaman) di daerah lumbung pangan. "Kita telah menyebarkan surat edaran ke kabupaten/kota yang ada di Sulsel untuk menjaga stok pangan terutama daerah lumbung pangan," ungkap Tautoto, Senin (12/9)

"Jadi sekarang ada programnya ketapang namanya lumbung pangan. Jadi di beberapa kabupaten itu kita siapkan buffer stock lumbung pangan. Insyaallah semua kebutuhan pokok terpenuhi," sambungnya.

Ada pun stok kebutuhan pangan di Sulsel, seperti beras, telur dan juga bahan pangan lainnya saat ini masih cukup aman. Begitu juga minyak goreng, yang biasa melonjak itu sesat seperti cabai dan bawang.

Meski demikian, Tautoto mengakui ada kenaikan harga pada sejumlah komoditi pangan akibat kenaikan harga BBM. "Tapi itu hanya salah satu sebab kenaikan harga. Seperti kenaikan harga telur, itu terjadi karena terlalu banyak permintaan untuk dibagikan jadi bantuan," akunya.

Karenanya, Dinas Ketahanan Pangan pun, akan kembali menggelar kegiatan pasar murah, yang menggandeng instansi-instansi terkait seperti Dinas Perdagangan dan Dinas Pertanian Sulsel.

"Waktunya belum kita pastikan, tapi secepatnya. Nanti, pasar murah ini berlokasi di daerah yang dekat dengan pemukiman penduduk, khususnya di daerah yang dihuni banyak masyarakat rentan. Kemungkinan pasar murah itu berpusat di sekitar kantor Dinas Perdagangan Sulsel yang berlokasi di Jalan Manunggal, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate," urai Tautoto. (OL-13)

Baca Juga: Harga Jual Gabah di Cianjur Naik Jadi Rp450 Ribu Per Kuintal

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat