visitaaponce.com

Presiden Tekankan Pentingnya Penguatan Pertahanan di Daerah Terluar

Presiden Tekankan Pentingnya Penguatan Pertahanan di Daerah Terluar
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto(Biro Pers Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo menekankan pentingnya desain pertahanan dan keamanan yang kuat di titik-titik terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Maluku, yang juga merupakan titik terluar Tanah Air.

"Kabupaten Maluku Barat Daya ini adalah termasuk kabupaten terluar sebelah timur, paling timur selatan. Setelah kita melihat Maluku Tenggara, Maluku Barat Daya, kemudian Kabupaten Kepulauan Aru, kemudian Kota Tual, Saumlaki, kita melihat perlunya sebuah desain untuk pertahanan dan keamanan negara, di titik mana kira-kira yang paling tepat. Ini penting karena memang ini potensi yang ada di sini perlu dilihat secara detail," ujar Jokowi di Kabupaten MBD, Kamis (15/9).

Karena alasan itu pula, dalam kunjungan kerja kali ini, Kepala Negara mengajak serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Keduanya melihat salah satu titik terluar NKRI yakni Pulau Leti yang berbatasan dengan Timor Leste.

"Hari ini saya dengan Pak Menhan, Pak Menteri KKP, dan Menteri PU melihat titik-titik yang tadi saya sebutkan dalam rangka sekali lagi pertahanan dan keamanan negara," imbuhnya.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam kesempatan yang sama mengatakan sekitar 2,5 tahun lalu, Presiden telah memerintahkan Kemenhan untuk membuat suatu desain besar pertahanan negara. Hal tersebut termasuk juga bagaimana pengamanan jalur-jalur laut di Indonesia yang menjadi jalur bagi 60% perdagangan laut dunia.

"Kekayaan kita sangat besar di wilayah ini, sangat-sangat besar, tidak hanya kekayaan ikan, tetapi juga mineral di bawah laut, gas dan minyak bumi di bawah laut," tutur Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengungkapkan masa depan kekayaan Indonesia sebagian besar akan berada di Indonesia timur. Untuk itu, pulau-pulau terluar di kawasan tersebut harus dirancang untuk menjadi bagian dari pertahanan negara.

"Pulau-pulau terluar di kawasan ini memang harus sudah kita rancang untuk menjadi bagian dari pertahanan kita. Tentunya ini akan kita lakukan dengan teliti dan mengikutsertakan semua lembaga terkait," tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat