visitaaponce.com

Banjir Bandang Rusak Sejumlah Perahu Nelayan di Pantai Jayanti

Banjir Bandang Rusak Sejumlah Perahu Nelayan di Pantai Jayanti
10 perahu nelayan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rusak terdampak banjir bandang, Senin sore (19/9)(MI/Benny Bastiandy)

SEJUMLAH perahu nelayan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rusak terdampak banjir bandang meluapnya aliran Sungai Cisela dan Cipunage, Senin (19/9) petang hingga malam. Para nelayan pun masih dihantui ancaman banjir bandang susulan karena hingga sekarang intensitas curah hujan masih cukup tinggi.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cianjur, Relly Herajaya, menuturkan hasil pendataan di lapangan, terdapat 10 unit perahu yang kondisinya rusak berat. Masih terdapat 2 unit perahu yang kondisinya masih bisa diselamatkan.

"Perahu yang 10 buah hancur berkeping-keping. Ada juga yang hanyut terbawa arus banjir bandang," kata Relly, Selasa (20/9).

Relly menuturkan kondisi saat ini diperparah dengan kapasitas kolam labuh atau sodetan yang dibangun pemerintah. Kapasitas kolam labuh hanya bisa menampung sekitar 60 buah perahu.

"Kolam sodetan sebagai tempat berlabuh tidak cukup menampung perahu. Kuotanya hanya cukup menampung 60 perahu. Sedangkan perahu milik nelayan di Pantai Jayanti mencapai 570 buah perahu," ujarnya.

Belum lagi perahu nelayan di antaranya dari kawasan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi,  Pantai Santolo Kabupaten Garut, dan Pantai Rancabuaya Kabupaten Garut. Diestimasi jumlahnya bisa mencapai 150 buah perahu.

"Rata-rata setiap hari jumlah perahu yang bersandar di kolam labuh Pantai Jayanti sebanyak 650-700 buah. Tapi kolam labuh hanya bisa menampung sebanyak 60 perahu. Sedang sisa ratusan perahu lainnya tercecer di mana-mana," bebernya.

Relly berharap ada upaya percepatan pembangunan kolam labuh di Pantai Jayanti. Sebab, jika tak segera ditangani, maka dikhawatirkan setiap terjadi hujan deras hingga mengakibatkan banjir bandang perahu nelayan bisa terancam rusak.

"Terutama kepada Pemprov Jabar agar segera menindaklanjuti agenda pembangunan sodetan di Pantai Jayanti supaya permasalahan setiap kali banjir bisa teratasi," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Ganjar : Tindak Tegas Jika Ada Aparatur Pemerintahan Potong BLT

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat