visitaaponce.com

Jembatan Rampoang Rusak Diterjang Banjir, Jalur Trans Sulawesi Palopo-Luwu Utara Terputus

Jembatan Rampoang Rusak Diterjang Banjir, Jalur Trans Sulawesi Palopo-Luwu Utara Terputus
Ilustrasi(DOK MI)

TINGGINYA curah hujan membuat Sungai Pikun di Palopo, Sulsel, Senin (17/10) meluap. Derasnya aliran sungai membuat abutmen atau pilar utama penyangga Jembatan Rampoang di Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, ambruk.

"Kondisi ini membuat jembatan Rampoang tidak bisa dilalui. Padahal jembatan itu merupakan penghubung antara Kota Palopo dengan Kabupaten Luwu Utara, Sulsel. Akibatnya jalan trans Sulawesi sementara terputus dan pengendara dialihkan ke jalur lainnya," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulsel, Reiza Setiawan, Rabu (19/10).

Abutment atau kepala jembatan adalah bagian konstruksi bawah jembatan  yang terdapat pada kedua ujung pilar-pilar jembatan yang berfungsi untuk mendukung atau memikul seluruh beban bangunan di atasnya. Abutment bekerja dengan menerima beban-beban yang berasal dari bangunan atasnya dan kemudian menyalurkan beban-beban yang diterimanya tersebut ke pondasi. Selanjutnya pondasi yang juga berfungsi sebagai penahan tanah akan meneruskan beban tersebut ke tanah dengan aman sehingga kestabilan tanah terjaga.

"Awalnya, jembatan ambruk usai talut penyangganya amblas. Jembatan ini nyaris putus setelah meluapnya Sungai Sungai Pikun akibat hujan deras. Namun karena pengendara nekat melintasinya, maka jembatan itu pun akhirnya putus total," ujar Reiza.

Saat ini tim telah turun menangani jembatan ambruk tersebut. "Rencana penanganan sementara dengan pemasangan jembatan Bailey. Untuk penanganan  permanen akan diusulkan penggantian jembatan pada 2023," kata Reiza.

Untuk sementara, arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif melalui Perumnas Rampoang. Dari arah Palopo, jalur alternatif dapat diakses pada KM 382+800 tepatnya di simpang Indomaret Rampoang. Sementara dari arah Masamba dapat diakses pada KM 383+450 tepatnya di simpang Lapangan Bola Togulung. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat