visitaaponce.com

BMKG Makassar Fasilitasi Warga untuk Saksikan Gerhana Bulan

BMKG Makassar Fasilitasi Warga untuk Saksikan Gerhana Bulan
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan(DOK.BMKG)

BALAI Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memberikan fasilitas berupa teleskop bagi warga Kota Makassar yang ingin menyaksikan fenomena gerhana bulan total, Selasa (8/11).

Masyarakat bisa datang langsung ke kantor BMKG Wilayah IV di Jalan Prof Dr Abdulrahman Basalamah No 4 Makassar, Sulawesi Selatan. "Terbuka untuk umum, semoga cuacanya cerah," kata Hanafi Hamzah, Kepala Bidang Data dan Informasi Balai BMKG Wilayah IV Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Ada sejumlah teleskop yang disiapkan untuk digunakan secara bergiliran oleh masyarakat yang datang.

"Ada teleskop dari Stasiun BMKG Gowa. Kemudian kita juga ada dari Kementerian Agama. Sebentar mulai dibuka sore. Kalau ada kesempatan, masyarakat silakan main ke kantor kami," lanjut Hanafi.

Meski terbuka untuk masyarakat umum, pihak BMKG membatasi jumlah warga yang hendak masuk. Hal ini mengingat keterbatasan tempat dan fasilitas.


Baca juga: Ini 4 Wilayah di Bengkulu yang Dapat Saksikan Puncak Gerhana Bulan Total


"Mungkin kita lihat dulu karena gedung kita terbatas juga. Jadi, mungkin paling banyak 30-40 orang kalau masyarakat umum selain dari wartawan," seru Hanafi.

Gerhana bulan total diperkirakan bakal berlangsung dengan durasi total selama 1 jam 24 menit 58 detik. Sementara durasi umbra atau gerhana sebagian dan total berlangsung selama 3 jam 39 menit 50 detik.

Puncak gerhana diperkirakan terjadi pukul 19.00.22 Wita. Namun, BMKG mulai membuka fasilitas untuk masyarakat sejak sore hari.

"Jika kondisi cuaca memungkinkan, maka persiapan dimulai pukul 17.00 Wita, sampai menunggu matahari terbenam, baru kita mulai pengamatan gerhananya," terang Hanafi.

Gerhana Bulan Total ini dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia dalam kondisi cuaca cerah. Selain itu, fenomena ini aman disaksikan dengan mata telanjang. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat