visitaaponce.com

Ini 4 Wilayah di Bengkulu yang Dapat Saksikan Puncak Gerhana Bulan Total

Ini 4 Wilayah di Bengkulu yang Dapat Saksikan Puncak Gerhana Bulan Total
Fase gerhana bulan total terlihat dengan latar depan tugu pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng,(ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

PUNCAK gerhana bulan total hanya berpotensi terlihat di empat kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Prakiraan Pengamat Metereologi dan Geofisika (PMG) Pertama Stasiun Geofisika Kepahiang menyebutkan secara global potensi gerhana bulan total yang akan terlihat hanya di empat kabupaten. Untuk Provinsi Bengkulu, tidak seluruh wilayah dapat terlihat sehingga berpotensi hanya Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong Kepahiang, Kota Manna, Bengkulu Selatan, dan Bintuhan, Kaur.

Pada saat puncak gerhana bulan terjadi, matahari belum akan terbenam sehingga sebanyak enam wilayah lainnya di Provinsi Bengkulu sulit untuk melihat.

Prakiraan Pengamat Metereologi dan Geofisika (PMG) Pertama Stasiun Geofisika Kepahiang Marsellei Justia mengatakan fenomena gerhana bulan total berpotensi tidak akan terlihat di seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu.

"Hanya ada empat wilayah dari sepuluh kabupaten yang berpotensi terlihat gerhana bulan total," katanya.

Baca juga: Catat! Waktu dan Wilayah yang Dapat Amati Gerhana Bulan Total Hari Ini

Berdasarkan data visibilitas yang terhimpun, lanjut dia, puncak gerhana bulan total akan terjadi pukul 17.59 WIB dan akan berakhir hinggal pukul 20.57 WIB.

Meski enam kabupaten/kota lainnya berpotensi tidak dapat melihat puncak dari gerhana bulan total tapi masih akan dapat terlihat fase setelah puncak pukul 19.49 wib hingga fasenya selesai.

Gerhana bulan merupakan fenomena alam yang terjadi karena posisi matahari, bumi dan bulan sejajar sehingga sinar matahari tidak mengenai bulan. Untuk dampak dari gerhana bulan total yang mungkin terjadi adalah pasang naik air laut yang akan lebih tinggi dibanding hari biasanya.

Sementara itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu akan melaksanakan shalat khusuf gerhana bulan di Mesjid Raya Baitul Izzah Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

"Saat gerhana bulan yang diprediksi akan terjadi pada 8 November 2022 akan melaksanakan shalat khusuf," kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu M Abdu.

Menurutnya, gerhana bulan dapat dilihat pada kontak Umbra tiga sekitar pukul 18.42 WIB dan terjadi setelah waktu Maghrib sehingga shalat khusuf gerhana bulan akan dilakukan usai shalat maghrib.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat