visitaaponce.com

Poso Optimistis Bisa Tekan Stunting Hingga 14 Persen

Poso Optimistis Bisa Tekan Stunting Hingga 14 Persen
Ilustrasi: Petugas kesehatan sedang melakukan pengukuran tinggi badan balita(MI/Januari Hutabarat)

PEMERINTAH Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, meyakini bisa menurunkan angka stunting menjadi 14%. Wakil Bupati Poso M Yasin Mangun mengatakan, sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, seluruh daerah harus mampu menekan kasus stunting hingga 14% di tahun 2024.

"Termasuk kami di Poso harus optimistis mencapai target itu," kata Yasin saat dihubungi dari Palu, Kamis (10/11).

Menurut Yasin, saat ini data stunting di Poso masih 26,7%. Angka tersebut masih terbilang tinggi. Oleh karena itu, penanganannya begitu intensif dilakukan. Saat ini, pemerintah Poso melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat kabupaten telah melakukan sosialisasi secara masif sampai ke tingkat desa.

"Kami berharap dengan sosialisasi di awal bisa mengubah pola hidup masyarakat yang tadinya tidak peduli dengan kesehatan jadi peduli. Khususnya kepada ibu-ibu hamil dalam mengonsumsi makanan bergizi," ungkapnya.

Baca juga:  Angka Stunting Di Kota Palu Ditarget Di Bawah 20 Persen

Dalam sosialisasi stunting itu, TPPS dan sejumlah pihak terkait mengedepankan pemeriksaan kesehatan sebanyak enam kali selama masa kehamilan. Selain itu, mereka juga menyampaikan saran menunda perkawinan di usia muda kepada seluruh masyarakat.

"Intinya kami di Poso bergerak menanggulangi stunting. Bukan tidak mungkin dengan segala cara yang kami lakukan stunting bisa kami tekan ke 14% pada 2024," tukasnya.(OL-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat