visitaaponce.com

Ketua DPRD Sikka Prihatin Anggota Dewan Makin Malas Rapat

Ketua DPRD Sikka Prihatin Anggota Dewan Makin Malas Rapat
Suasana Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sikka sepi hanya dihadiri 13 anggota dari 35 anggota dewan, Rabu (16/11/2022)(MI/Gabriel Langga)

KELAKUAN anggota dewan di DPRD Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini jangan ditiru. Sebab mereka dipilih untuk mewakili rakyat, tapi makin malas ikut sidang paripurna. Akibatnya rapat sering ditunda karena tidak memenuhi kuorum. Hal ini membuat Ketua DPRD Sikka Donatus
David prihatin dan kesal terhadap koleganya di gedung Kulababong itu

Ketua DPRD Sikka, Donatus David mengaku sedih dan prihatin dengan makin menurunnya kesadaran Anggota DPRD Sikka menghadiri rapat paripurna. Apalagi ini rapat yang membicarakan RAPBD Kabupaten Sikka tahun 2023, yang merupakan akumulasi dari seluruh kepentingan masyarakat Kabupaten Sikka di tahun 2023.

"Walaupun hanya pernyataan atau pendapat fraksi yang disampaikan kepada pemerintah. Dengan kondisi 13 orang saja yang hadir, saya cukup kesal, kesadaran kami anggota dewan menghadiri rapat seperti ini sangat kurang," ucap David menahan emosi, Rabu malam (16/11/2022).

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, anggota DPRD Sikka yang tidak hadir, hanya satu atau dua orang yang mengabarkan melalui pesan whatsapp bahwa mereka sakit dan halangan karena kedukaan. Tetapi sebagai besar anggota DPRD Sikka lainnya tidak memberikan informasi apapun.

"Saya kesal sekali dan prihatin dengan ketidakhadiran mereka. Apalagi kejadian ini sudah
berulang kali terjadi," papar dia

Donatus David pun menuturkan bahwa sesuai kesepakatan, pihaknya akan merekap semua kehadiran anggota DPRD. Pada akhir tahun akan dilaporkan kepada partai politik yang menaungi mereka di DPRD sebagai bentuk pertanggung jawaban moril mereka kepada partai yang mengutus.

"Kami akan kirim surat rekapan rapat kehadiran mereka selama kegiatan rapat-rapat paripurna dan rapat AKD yang lain," ujarnya dia

Berdasarkan pantauan mediaindonesia.com, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sikka, NTT, Rabu malam (16/11) didominasi kursi kosong akibat dari anggota DPRD Sikka malas masuk sidang. Dari 35 anggota DPRD Sikka, hanya 13 anggota dewan yang terhormat mengikuti Rapat Paripurna.

Dari meja pimpinan rapat, tampak Bupati Sikka, Fransiskus R.Diogo dan Wakil Bupati Romanus Woga, Ketua DPRD Sikka, Donatus David dan Wakil Ketua DPRD,Yoseph Karmianto Eri.

Dalam pembukaan rapat, salah satu, Anggota DPRD Sikka, Filario Calres Bertandi pun meminta ketegasan pimpinan untuk segera mengeluarkan teguran keras kepada Anggota DPRD yang malas menghadiri rapat.

"Ketika bupati terlambat hadir 30 menit membuka berbagai acara, bupati diadili oleh Anggota DPRD, sebaliknya ketika bupati ada, banyak Anggota DPRD tidak hadir," ujar Politisi PAN ini (OL-13)

Baca Juga: Bawaslu Klaten Giatkan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif tangkal Hoak dan SARA

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat