visitaaponce.com

Tambang Batu Bara Meledak di Sawahlunto, 4 Orang Tewas

Tambang Batu Bara Meledak di Sawahlunto, 4 Orang Tewas
Lokasi tambang meledak di Sawahlunto, Sumatera Barat.(Dok.Polri)

TAMBANG batu bara legal pada Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT NAL di Sawahlunto, Sumatra Barat meledak pukul 09.00 WIB, Jumat, 9 Desember 2022. Sebanyak empat orang tewas dan lima luka.

"Iya betul," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, hari ini.

Dedi mengatakan sebanyak sembilan orang korban berhasil dikeluarkan dari dalam lubang tambang batu bara. Korban itu empat tewas, lima luka-luka.

"Diketahui terdapat 15 orang dari pekerja lubang dalam, yang berhasil keluar dari dalam lubang sembilan oran ( 5 luka luka, 4 orang meninggal dunia ). Sedangkan, enam masih dievakuasi atau masih dalam lubang," ujar Dedi.

Korban yang berhasil dievakuasi telah dibawa ke rumah sakit terdekat. Sementara itu, enam korban yang masih dalam lubang tengah dievakuasi oleh tim Rescue.

Baca juga: Pengungsi Gempa Cianjur Dapat Bantuan Lampu Bertenaga Surya

"Diperkirakan para pekerja lubang tambang yang masih terkurung di dalam lubang berada pada kedalaman lk 200 m, yang belum diketahui kondisi para pekerja tersebut," ungkap Dedi.

Menurut Dedi, kondisi lubang terdapat kandungan gas Metan. Di samping itu terdapat beberapa reruntuhan akibat dari letupan kecil lubang tambang. Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti telah mendatangi lokasi tambang IUP PT NAL untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat