visitaaponce.com

Bupati Puncak PapuaBudaya Anti-Korupsi Harus Diterapkan Menyeluruh

Bupati Puncak Papua: Budaya Anti-Korupsi Harus Diterapkan Menyeluruh
Wakil Bupati Puncak Papua Pelinus Balinal.(Ist)

PADA hari Jumat (9/12)  merupakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) 2022. Ini adalah bentuk komitmen dunia dalam memberantas segala bentuk tidak korupsi.

Di Indonesia, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) membawa tema “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi.”

Wakil Bupati Puncak Papua Pelinus Balinal memberikan komentarnya tentang tema dan peringatan ini secara umum.

Menurut Pelinus, kegiatan ini tak lain daripada upaya untuk menyuburkan pemahaman mengenai pentingnya budaya antikorupsi di setiap lapisan masyarakat dan pemerintahan. Ia menilai, untuk mencapai kesadaran bersama, dibutuhkan langkah nyata dan sesuai dengan konteks yang ada.

“Hari Anti Korupsi Sedunia atau Hakordia bagi saya adalah upaya pemerataan pemahaman tentang pentingnya budaya anti-korupsi yang harus kita pegang teguh. Untuk memeratakan budaya seperti itu, kita memerlukan kerja dari banyak pihak secara masih dan nyata,” ucap Pelinus, dalam keterangan tertulis Jumat, dikutip Sabtu (10/11).

Lebih lanjut ia menambahkan, bahwa pemberantasan korupsi harus menjadi orientasi bersama dari mulai pemerintah, masyarakat, serta seluruh elemen yang ada dalam suatu negara.

Baca juga: KPK Apresiasi Pemprov Banten dalam Melakukan Upaya Pencegahan Korupsi

Yang lebih penting lagi, menurut Pelinus, langkah tersebut harus menyasar pada upaya pencegahan. Jangan sampai upaya pemberantasan korupsi hanya fokus pada praktik menghukum, bukan mencegah.

“Tetapi kita harus pahami bersama bahwa sudah semestinya upaya memberantas korupsi ini harus berorientasi pada tindakan pencegahan, bukan tindak penghukuman," katanya.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ini harus menjadi cara pandang kolektif jika kita ingin persoalan korupsi ini bisa diminimalisir," pungkas Pelinus.

Sejarah lahirnya Hakordia sejatinya dimulai dari inisiasi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB untuk menunjukkan perlawanan dunia terhadap segala bentuk tindak korupsi yang pasti destruktif.

Komitmen ini diperingati setiap tanggal 9 Desember tiap tahunnya. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat