visitaaponce.com

Pelaku Pakai Solar Bersubsidi untuk Proyek Jalan di Ende

Pelaku Pakai Solar Bersubsidi untuk Proyek Jalan di Ende
Pelaku diamankan di Polres Ende.(Dokumen Polres Ende.)

PENGGUNA bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk mengerjakan proyek jalan raya rekanan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, dibekuk oleh anggota Polres Ende. Pelaku yang ditangkap berinisial YT karena diduga mengerjakan proyek pembangunan jalan menggunakan BBM bersubsidi jenis solar.

Kepala Satuan Reskrim Kepolisian Resor (Polres) Ende Iptu Yance Kadiaman mengatakan, Minggu (11/12), membenarkan penangkapan terhadap salah satu rekanan di Kabupaten Ende. Dirinya menuturkan penangkapan itu saat pelaku mengisi BBM jenis biosolar bersubsidi sebanyak 18 jeriken di SPBU Ndao. 

Pada saat pembelian BBM bersubsidi tersebut, yang bersangkutan menggunakan jeriken dengan ukuran 30 liter. Jadi, total biosolar yang yang dibeli oleh bersangkutan di SPBU sebanyak 540 liter.

BBM bersubsidi itu lantas diangkut menggunakan mobil pikap menuju ke lokasi proyek jalan di  Dusun Maurongga, Kecamatan Nangapanda. "Pelaku sudah kami tangkap dan diamankan di Polres Ende," papar dia.

Ketika ditanya motif pelaku, Yance mengaku berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku mengaku membeli BBM bersubsidi lantaran harganya lebih murah untuk proyek pengerjaan jalan. "Motif pelaku mengambil keuntungan dengan membeli BBM subsidi yang nilainya lebih murah dari BBM industri. Pelaku diduga menyalahgunakan pengangkutan dan atau niaga BBM yang disubsidi pemerintah sebagaimana dimaksud dalam paragraf 5 Pasal 40 ayat 9 Pasal 55 UU RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengubah Pasal 55 UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas," papar dia.

Untuk itu, kata dia, pelaku diancam dengan hukuman pidana penjara paling lama enam tahun dan dengan denda paling tinggi Rp60 miliar. "Pelaku diancam penjara enam tahun," pungkas dia. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat