visitaaponce.com

Gandeng Samudra Indonesia Peduli, BWA Sumbang 20 Ribu Al-Quran ke Maluku

Gandeng Samudra Indonesia Peduli, BWA Sumbang 20 Ribu Al-Qur’an ke Maluku
Tim BWA siap membagikan sebanyak 20 ribu Al-Qur’an Wakaf dan 1.000 buku Iqra ke wilayah Maluku.(Ist)

TIM BWA (Badan Wakaf Al-Qur’an)  membagikan sebanyak 20 ribu Al-Qur’an Wakaf dan 1.000 buku Iqra di dua kabupaten dan dua kota di wilayah Provinsi Maluku.

Penyaluran puluhan ribu Al-Qur’an dan Iqra tersebut turut dihadiri Chief of  Networking and Distribution Channel BWA, H. Hazairin Hasan, dibantu oleh partner lapangan BWA Provinsi Maluku, Amry Sangadji.

Hazairin menjelaskan, sebanyak 20 ribu Al-Qur'an tersebut akan didistribusikan kepada umat Islam di dua Kota dan dua kabupaten yaitu Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Buru, dan Maluku Tengah.

“Total 20 ribu mushaf Al-Qur’an yang kami bagikan ini untuk Kota Ambon 5 ribu, Pulau Buru 5.000, Kota Tual 5.000, dan Kabupaten Maluku Tengah 5.000," kata Hazairin.

"BWA mengucapkan terima kasih kepada Samudra Indonesia Peduli (SIP) yang telah mengumpulkan dana wakaf dari karyawan untuk diwakafkan pada program Wakaf Alqur’an dan pembinaan BWA ini,” jelasnya.

Baca juga: Ensiklopedia Mushaf Alquran Terlengkap Umat Islam Diluncurkan di Turki

Ia berujar, Al-Quran yang dibagikan BWA sangat dibutuhkan oleh umat Islam di Maluku khususnya warga yang berdomisili di pelosok provinsi seribu pulau tersebut.

“Insya’Allah warga tidak harus membeli Al-Quran ke kota Ambon atau daerah lain hingga harus mengeluarkan biaya yang besar,” tuturnya.

Hazairin mengatakan, penyaluran puluhan ribu Al-Qur’an ini BWA hanya menyambung amanah para wakif.

“Tujuannya untuk membantu saudara muslim yang berada di kepulauan dan pelosok utamanya warga yang sulit untuk mendapatkan Al Quran,” timpalnya.

Di Negeri/Desa Saleman Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah, dan sekitarnya, termasuk anak-anak dari delapan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) ikut hadir menerima Al-Qur’an dan Iqra dari pihak BWA. Di sini, BWA mendistribusikan 5.000 Mushaf Al-Qur’an.

Kehadiran Tim BWA disambut positif oleh aparatur Pemerintah Negeri Saleman, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para pelajar.

Sekretaris Negeri Saleman, Ramli Laluhun mengaku Al-qur’an yang dibagikan oleh BWA sangat dibutuhkan oleh warganya.

"Alhamdulillah, bantuan Al-Quran dari BWA ini adalah pemberian yang luar biasa bagi kami,” ungkap Ramli Laluhun saat menerima Mushaf Al-Qur’an dari pihak BWA.

Ramli mengaku, selama ini belum pernah ada pihak terkait yang membagikan ribuan mushaf Al-Quran kepada warga Saleman.

“Semoga Al Quran ini dapat mempermudah kami dan anak-anak kami untuk terus mendalami Islam. Terima kasih kepada BWA dan para donatur yang sudah menyumbang Al-Quran untuk kami,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, masyarakat Saleman mengaku siap untuk membagikan Al-Qur’an ke desa-desa tetangga.

"Insya’Allah Al-Quran ini kita akan bagikan ke desa-desa tetangga di pesisir Seram Utara. Semoga program ini tidak sampai disini saja, tetapi kedepannya BWA dapat kembali ke sini lagi,” tutur Kardin Makatita, warga Saleman yang ikut hadir saat pembagan Al-Qur’an oleh pihak BWA.

Sementara itu, Amry Sangadji, Partner lapangan BWA Provinsi Maluku mengatakan, BWA tetap bersinergi dengan komunitas-komunitas spearfishing dakwah termasuk ustadz Subhan Ali dari Jakarta dan rekan-rekan BWA Spero local untuk membagikan Al-Qur’an secara cuma-cuma kepada umat Islam.

“Selain mendistribusikan Al-Qur’an, Tim Spero juga memberikan ikan hasil tangkapan dari tim Spearfishing dakwah dibagikan kepada masyarakat sekaligus dimanfaatkan untuk makan bersama,” kata Amry.  

Di Desa Waihotong Baru Kecamatan Airbuaya Kabupaten Buru, dan sekitarnya. BWA bersama dengan Ustad Mujahid yang merupakan dai pedalaman bisa membantu saudara-saudara muslim mualaf yang membutuhkan Al Quran untuk memudahkan mereka dalam mendalami Islam.

Lebih dari 100 mushaf dibagikan di Desa Waihotong Lama dan sekitarnya, Harapanya 1 kk bisa memiliki 1 mushaf Al Quran.

“Akses menuju Desa Waihotong Baru sangatlah jauh yaitu lebih dari 6 jam perjalanan dari Kota Namlea dan harus menggunakan kendaraan double gardan (4x4). Jadi, jika bukan kita siapa lagi yang akan membantu saudara muslim di sana.” ujar Ustad Mujahid

“BWA mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh wakif, Samudera Indonesia Peduli, UMKM-UMKM, tokoh masyarakat, Dai-dai, dan semua pihak yang terlibat dalam rangka mensukseskan distribusi Al Quran di Prov. Maluku ini. Alhamdulillah distribusi Tahap kedua ini bisa berjalanan lancar. Mudahan ini terus berlanjut, Aamiin,” tutur Hazairin. (RO/OL-09)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat