visitaaponce.com

Dispar Pariaman Gelar Diklat Pemandu keselamatan Wisata TirtaLifeguard

Dispar Pariaman Gelar Diklat Pemandu keselamatan Wisata Tirta/Lifeguard
Pelatihan lifeguard bagi pemandu wisata di Kota Pariaman(Dok. Pemkot Pariaman)

DINAS Pariwisata kota Pariaman menggelar pendidikan dan pelatihan pemandu keselamatan wisata Tirta/lifeguard di lingkungan destinasi pariwisata se kota Pariaman pada 18 - 21 Desember 2022.

Ketua Umum Balawista Nasional Ade Ervin mengatakan, sebanyak 41 peserta pelatihan pemandu keselamatan wisata Tirta di lingkungan destinasi pariwisata se-kota Pariaman telah dilatih dan dikukuhkan menjadi Balawista Kota Pariaman.

"Kita telah melatih dan mengukuhkan rekan-rekan di kota Pariaman menjadi Balawista Pariaman, dan kebetulan pengukuhan tersebut dilaksanakan langsung oleh Walikota Pariaman Genius Umar dan dihadiri kepala dinas pariwisata Gusniyeti Zaunit, dan kepala dinas sosial kota Pariaman hari ini di pantai gandoriah," ujar Ade Ervin dalam keterangan resminya.

de Ervin menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata yang telah memfasilitasi pelatihan Balawista. 

"Hal ini menjadi langkah strategis dan positif untuk perkembangan pariwisata kota Pariaman di masa depan. Selamat bertugas kepada para pengurus Balawista kota Pariaman yang dipimpin saudara Riswady. Semoga Balawista Pariaman mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai harapan," sambungnya. 

Baca juga : Rayakan HUT Ke-18, DPC Peradi Papua Hadirkan Santa Clause dan Bagikan Bingkisan

Ketua Balawisata Kota Pariaman, Riswady juga berharap dukungan banyak pihak termasuk instansi terkait terhadap kelembagaan balawisata demi menjaga keselamatan pengunjung dan wisatawan. 

"Kami berharap Disparbud sebagai pembina bisa selalu mensupport penguatan kelembagaan Balawista sebagai mitra strategis dengan pemberdayaan masyarakat yang bersifat preventif dalam menjaga keselamatan pengunjung/wisatawan di destinasi wisata baik dari segi sarana, peralatan, dan operasional dalam rangka menunjang CBT (community based tourism) sesuai dengan spirit dan moto balawista kuat, pariwisata hebat," terang Riswady. 

Pengukuhan Balawisata Kota Pariaman juga diparesiasi oleh Walikota Pariaman Genius Umar. Pasalny, setelah menjalani pelatihan, para anggota Balawisata akan langsung terjun ke beberapa destinasi wisata Kota Pariaman. 

"Diharapkan akan menjadi garda terdepan dalam menjaga keselamatan pengunjung/wisatawan di Kota Pariaman, dan ini harus direspon oleh Pemko Pariaman untuk mensupport dan melibatkan Balawista dalam berbagai even besar, weekend dan hari libur lainnya," pungkas Genius Umar. (RO/OL-7) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat