visitaaponce.com

Hujan Disertai Angin Kencang di Flotim Sebabkan Puluhan Rumah Rusak Parah

Hujan Disertai Angin Kencang di Flotim Sebabkan Puluhan Rumah Rusak Parah
Rumah warga rusak tertimpa pohon akibat hujan dan angin kencang di Flores Timur, NTT(Metrotv/Fransiskus Gerardus)

HUJAN deras disertai angin kencang, yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Sabtu (24/12) menyebabkan puluhan rumah warga rusak tertimpa pohon. Selain itu, sejumlah fasilitas umum juga mengalami kerurusakan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Peristiwa nahas itu kemudian terjadi pada Minggu (1/1) pukul 06.00 WITa kala guyuran hujan sertai angin kencang, yang terjadi sejak sejak pagi sebelumnya hingga malam hari, dalam sekejap merubuhkan pohon di Kota Larantuka maupun di wilayah Kepulauan Adonara dan Solor.

Tidak hanya bangunan rumah yang rusak namun juga sejumlah fasilitas umum, misalnya jaringan listrik. Signal ponsel pun hilang. Karenanya, warga di sekitar diimbau untuk terus waspada terhadap potensi angin kencang, serta longsor, khususnya warga yang tinggal di kaki gunung maupun di bantaran sungai.

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Alam sudah terjun ke lokasi mendata kerusakan sementara korban diarahkan untuk bertahan di rumah keluarga.

Penjabat Bupati Flores Timur Doris Alexander Rihi, melalui Plt Kalak BPBD Flores Timur Eduard J Fernandez mengatakan, saat ini, Tim BPBD sedang melakukan pendataan di sejumlah titik bencana di Kota Larantuka. Data sementara yang dihimpun, puluhan rumah warga tertimpa pohon besar.

Ia mengimbau seluruh Kepala Desa, Lurah dan Camat agar melakukan pemantauan, pendataan, dan penanganan serta melakukan pelaporan kepada Satgas Bencana di Kantor BPBD Flores timur. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat