visitaaponce.com

Satu Rumah di Maluku Utara Ambruk akibat Gempa

Satu Rumah di Maluku Utara Ambruk akibat Gempa
Rumah yang ambruk akibat gempa.(DOK Pribadi.)

SETELAH diguncang gempa 7,1 skala Richter, satu rumah yang baru dibangun di Morotai, Maluku Utara, dilaporkan ambruk. Gempa yang berpusat di 141 kilometer Melonguane Sulawesi Utara itu terjadi pada pukul 15.06 WIT dirasakan hingga ke Provinsi Maluku Utara.

Gempa terjadi di kedalaman 64 kilometer. Gempa ini juga dirasakan cukup kuat di Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Satu rumah warga yang baru dibangun di Desa Sabatei Tua, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, dilaporkan ambruk akibat gempa tersebut. Selain itu, gempa juga membuat sejumlah pegawai di Kantor Bupati Morotai panik berlarian keluar gedung.

Kepanikan warga terjadi juga di suatu pusat perbelanjaan, Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara, yang terekam kamera CCTV. Pengunjung mal berhamburan keluar ruangan menyelamatkan diri.

Baca juga: Sopir Mobil Kabur usai Tabrak Wanita Menyeberang Jalan di Medan

Petugas Operasional Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, Ahmadi Muda, menjelaskan, gempa susulan terjadi 18 kali, setelah gempa utama. Rata-rata gempa susulan terjadi di sekitar lokasi gempa utama berkekuatan 3,8 sampai 5,3 skala Richter.

Warga diminta untuk tidak terlalu panik. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat