visitaaponce.com

Tokoh Morowali Pastikan Kondisi Keamanan PT GNI Kondusif

Tokoh Morowali Pastikan Kondisi Keamanan PT GNI Kondusif
Kondisi di PT Gunbuster Nickel Industri (PT GNI) di di Desa Bunta, Kecamatan Petasia, Morowali Utara, Sulteng, telah kondusif.(HO)

OPERASIONAL PT Gunbuster Nickel Industri (PT GNI) di di Desa Bunta, Kecamatan Petasia, Morowali Utara, Sulteng telah berjalan normal. Tidak hanya karyawan, pelaku ekonomi di sekitar lokasi GNI dan aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa pascabentrokan antarkaryawan beberapa waktu lalu.

Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Wulanderi, Mori Julius Pode, Jumat (20/1). Julius Pode memberikan apresiasi yang sebesar–besarnya kepada TNI dan Polri yang mampu menciptakan dan menangani keadaan sehingga bisa kondusif seperti saat ini. Ia berharap peristiwa bentrokan yang terjadi beberapa waktu lalu itu tidak terulang karena merugikan banyak pihak.

"Terima kasih kepada aparat keamanan yang telah menjaga kondusifitas sehingga keadilan PT GNI ini dapat berjalan dan memberikan kontribusi besar bagi pendapatan daerah kita," ujar Julius Pode.  

Tentang bentrokan yang terjadi di PT GNI, Julius Pode menilai hal itu disebabkan adanya provokasi–provokasi dari orang–orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin menghancurkan kehadiran dunia usaha dan investasi.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tengah (Sulteng), Habib Ali bin Muhammad Aljufri mengaku prihatin atas insiden di PT GNI. Ia berharap agar semua pihak dapat menahan diri agar kejadian serupa tidak terulang kembali. "Karena bagaimanapun kegiatan investasi itu ada manfaatnya untuk masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Habib Ali menilai masalah yang terjadi harus bisa diselesaikan secara cepat. Harus ada yang bisa memediasi, karena kerugian yang ditimbulkan dari perusakan-perusakan itu, bukan hanya dialami oleh PT GNI sendiri, tetapi juga pihak lain, termasuk pekerja.

Di sisi lain, Kepala Desa Tompira Kecamatan Petasia Timur Morowali Utara, Mohamad Sufran mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya terus mampu menjaga situasi tetap kondusif. "Saya mengimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat, lebih khusus karyawan PT GNI agar tetap menjaga stabilitas keamanan agar tetap kondusif, menciptakan iklim investasi yang aman," ucapnya. (RO/OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat