visitaaponce.com

Wapres Minta Daerah Antisipasi Karhutla

Wapres Minta Daerah Antisipasi Karhutla
Foto udara areal lahan gambut yang terbakar di Desa Natai Baru, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Senin (2/1).(ANTARA/Ario Tanoto)

WAKIL Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meminta pemerintah daerah dan Forkopimda segera mengambil langkah-langkah antisipasi dan mitigasi ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah berpotensi mengalami kekeringan pertanian di bagian Indonesia Barat hingga Timur serta ancaman karhutla di Sumatra dan Kalimantan.

Menurut Wapres, pemerintah selalu bersinergi dengan TNI Polri serta masyarakat untuk menangani karhutla.

"Pemerintah juga sudah melakukan rapat koordinasi yang dipimpin Menko Polhukam (Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan) untuk mengantisipasi karhutla. Kita punya pengalaman dan akan kita  tingkatkan," ujar Wapres di sela-sela kunjungan ke Kalimantan Selatan dalam rangka menghadiri Haul ke-18 Guru Sekumpul di Martapura.


Baca juga: Kemiskinan Ekstrem di Purbalingga Ditargetkan Tuntas pada 2024


Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia berhasil mengendalikan karhutla. Seperti diberitakan, BMKG memproyeksi Indonesia akan mengalami El Nino lemah pada 2023. Fenomena ini menyebabkan pergeseran cuaca dari La Nina, kemarau basah bergeser masuk ke musim kemarau pada umumnya.

Beberapa wilayah cenderung kering dan berpotensi mengalami kekeringan pertanian, serta ancaman karhutla di Sumatra dan Kalimantan. Bahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengeluarkan sinyal ada sejumlah wilayah menjadi prioritas dalam pengendalian karhutla.

Terkait hal ini, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada Jumat (27/1) mengatakan Pemprov sudah menyiapkan langkah-langkah strategis dalam menghadapi bencana.

"Kalsel telah mengambil langkah-langkah mulai saat sebelum musim kemarau maupun persiapan di musim hujan seperti mengurangi pendangkalan sungai dan lainnya," kata Gubernur. (OL-16)

|

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat