visitaaponce.com

Wapres Tekankan Komitmen Pemerintah Perbaiki Industri Siber

Wapres Tekankan Komitmen Pemerintah Perbaiki Industri Siber
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin.(ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan pemerintah harus berkomitmen memperbaiki industri siber. Meski Pusat Data Nasional (PDNS) telah pulih dari serangan ransomwere.

"Pembiayaan dan juga sumber daya manusia yang mumpuni itu saya kira itu memang harus dan ini jadi komitmen pemerintah," ujar Wapres Ma'ruf di sela kunjungan kerjanya ke Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/7).

Pemerintah, kata Wapres, akan mengevaluasi kinerjanya dalam menjaga ketahanan siber. Agar kejadian serupa tidak lagi terulang.

Baca juga : Wapres akan Hadiri Resepsi Pernikahan Putra KGPAA Paku Alam X

"Masalah-masalah yang menyangkut pembiayaan sesuai dengan kemampuan negara dan juga sumber daya yang ada tentu yang terbaik yang akan terus diusahakan oleh pemerintah," jelasnya.

Wakil Kepala Negara enggan merespon lebih ihwal desakan masyarakat agar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mundur. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

"Saya kira nanti presiden yang akan melakukan evaluasi penting perlu apa tidaknya," terangnya.

Sepekan lebih, PDNS diretas oleh sekelompok hacker menggunakan virus ransomware jenis baru yang dikenal sebagai Lockbit 3.0. Saat ini, peretas telah memberikan kunci dekripsi berbagai data yang terdampak secara cuma-cuma.

Kelompok peretas yang mengklaim dirinya sebagai Ransomware Gang Brain Cipher itu pun tetap memberikan ancaman dan peringatan akan lemahnya pertahanan server di PDNS. Mereka mengancam akan melakukan tindakan serupa apabila pemerintah tidak segera memperbaiki industri sibernya. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat