visitaaponce.com

Jangan Panik, Pemkot Bandung Jamin Ketersediaan Minyak Goreng

Jangan Panik, Pemkot Bandung Jamin Ketersediaan Minyak Goreng
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau operasi pasar bahan pokok murah di Bandung, beberapa waktu lalu.(dok.Ant)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung Jawa Barat (Jabar), memastikan stok minyak goreng di Kota Bandung baik minyak premium dan minyak curah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk itu masyarakat tidak perlu resah akan kekurangan minyak goreng.

"Kami memastikan stok minyak goreng di Kota Bandung aman dan perlu kami luruskan ketersediaan stok kebutuhan barang pokok aman tersedia. Ketersediaan untuk minyak premium dan minyak curah yang menggunakan plastik dan pakai karet, itu tersedia," ucap Kepala Dinas Perdagangan
dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, di Bandung Kamis (2/2/2023).

Terkait Minyakita yang langka, Pemkot Bandung telah berkoordinasi dengan distributor Minyakita. Disdagin Kota Bandung telah mendatangi distributor Minyakita di antaranya Indomarco, CV Bagus dan Panca. Hasilnya, memang ada pengurangan pasokan dari produsennya.

"Sebelumnya Indomarco mendapat pasokan Minyakita dari produsen PT Bina Karya Prima sebanyak 1,5 juta liter untuk wilayah Bandung Raya. Namun pada Desember 2022 turun menjadi 800.000 liter, kemudian turun kembali pada Januari 2023 menjadi hanya 300.000 liter," jelasnya.

Saat ini ucap Elly, pasokan hanya 20 persen dari normalnya. Itu yang terjadi, tapi masih berjalan hanya hanya jauh berkurang pasokannya. Normalnya satu kali pengiriman yaitu sejumlah 2.200 karton, namun saat ini jauh berkurang. " Sedangkan CV Bagus dan Panca dari Januari 2023 sudah tidak mendapatkan pasokan sama sekali," ungkapnya.

Menurut Elly minyak curah bersubsidi bermerk Minyakita ini memang diminati masyarakat. Pasalnya kemasan rapi menggunakan botol juga warnan yang jernih. Saat ini  harga minyak goreng kemasan plastik Rp15.500 per  kilogram, Kemudian ada juga minyak goreng premium yang terbilang murah, karena ada banyak diskon, semisal minyak goreng premium dua liter dihargai Rp30 ribu, jadi per liternya Rp 15 ribu,.

"Yang jelas Disdagin selalu mengikuti rapat koordinasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait pengendalian inflasi. Kemendag telah berkoordinasi dengan produsen minyak untuk menambah produksi," lanjutnya..

Mengenai kemungkinan menggelar pasar murah, Elly menegaskan bahwa Pemkot Bandung untuk sementara belum ada rencana ke sana untuk mengatasi kelangkaan Minyakita, lantaran minyak goreng subsidi lainnya masih  tersedia.(OL-13)

Baca Juga: Presiden: Harga Beras Naik di Semua Provinsi

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat