visitaaponce.com

Srawung Cap Go Meh Tutup Rangkaian Perayaan Imlek di Purwokerto

Srawung Cap Go Meh Tutup Rangkaian Perayaan Imlek di Purwokerto
Ilustrasi(ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG)

RANGKAIAN perayaan Tahun Baru Imlek di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Jawa Tengah, ditutup dengan ibadah Yuan Xiao yang diselenggarakan pada Minggu (5/2).

Ritual ini lebih dikenal dengan Cap Go Meh yakni malam purnama raya bulan Zheng Yue yang melambangkan curahan pertama Karunia Tian atau Tuhan atas penghidupan insani di tahun ini.

Pengurus Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Maryati, menerangkan, akan ada sajian khas dalam ibadah Yuan Xiao yang digelar pada Minggu (5/2). Malam ini akan ada Lontong Cap Go Meh. Selain melambangkan keberuntungan, Lontong Cap Go Meh membawa semangat pembauran antara kaum pendatang Tionghoa dengan penduduk/kearifan lokal.

Baca juga: Ada Naga 38 Meter di Cap Go Meh Putussibau

Menurut dia, pihak klenteng telah menyiapkan ratusan porsi lontong Cap Go Meh yang akan disantap bersama para umat Tri Dharma yang biasa ke klenteng bersama masyarakat setempat. Kegiatan ini disebut sebagai Srawung (pergaulan, pembauran) Cap Go Meh-an.

"Dengan semangat pembauran dan persaudaraan kami telah mengundang masyarakat untuk hadir dalam Kegiatan Srawung Cap Go Mehan yang dilaksanakan pada Minggu (5/2) malam guna menikmati bersama sajian lontong Cap Go Meh dan kue Dodol Keranjang yang diolah dengan kearifan lokal," tutur Maryati, Minggu.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat