visitaaponce.com

Taman - Taman Terbuka di Kota Bandung jadi Destinasi Wisata Warga

Taman - Taman Terbuka di Kota Bandung jadi Destinasi Wisata Warga
Warga berwisata bersama keluarga di taman-taman terbuka di Kota Bandung, seperti di Taman Superhero di jalan Bengawan Selatan(MI/Naviandri)

TIDAK keliru kalau Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), mendapat julukan kota taman, sebab hampir di setiap sudut kotanya terdapat taman-taman, yang sengaja dibuat untuk memperindah dan membuat masyarakat nyaman menikmati keindahan Kota Bandung.

Dari ratusan taman yang ada, Taman Cibeunying di jalan Cibeunting Selatan, dan Taman Super Hero di jalan Bengawan Selatan, menjadi taman favorit warga untuk sekedar berekreasi bersama orang-orang terdekat. Kehadiran taman kota tak hanya sekedar menjadi ruang terbuka. Bagi sejumlah orang, taman juga menjadi penanda peradaban sebuah kota.

Taman Cibeunying saat ini biasa difungsikan sebagai tempat berkumpul dan refreshing. Kesejukan dari pohon-pohon yang rindang menjadi sebab nyamannya bersantai di taman ini. Tak lupa tanaman hias di taman juga menambah kenyamanan mata dalam memandang. Ada beberapa tempat duduk yang
disediakan untuk para pengunjung. Ada juga gazebo untuk berlindung apabila sedang diguyur hujan atau sekedar untuk duduk-duduk.

Agung (37) salah seorang pengunjung mengaku bahwa fasilitas yang disediakan cukup nyaman. Ia juga memuji pemandangan indah di taman ini. "Pemandangan tamannya bagus, apalagi banyak yang hijau-hijau jadi menyegarkan mata dan membuat betah berlama-lama menghabiskan waktu," ujarnya.

Beberapa pengunjung juga datang hanya untuk melemaskan kaki setelah lelah bekerja. Ada juga yang datang untuk olahraga. Di taman ini terdapat sebuah bike share, pengunjung bisa meminjam sepeda untuk berkeliling di sekitar taman.

Tak kalah penting, di taman ini juga disediakan wifi gratis yang bisa diakses oleh siapa saja. "Saya biasa datang ke sini buat santai sambil ngopi, apalagi ada wifi gratis sehingga betah berlama-lama di sini," kata Santi (25) salah satu pengunjung Taman Cibeunying lainnya.

Begitu juga dengan taman terbuka lainnya yakni Taman Super Hero, sesuai dengan namanya taman ini memiliki konsep menarik dengan adanya patung-patung super hero yang disenangi anak-anak.  Tempat ikonik ini menjadi salah satu pilihan gratis bagi keluarga untuk berekreasi, berisitrahat dan berolahraga.

Dulu, taman ini dibuka 24 jam setiap hari. Namun sekarang hanya di buka pada pukul 09.00-16.00 WIB untuk membatasi kerumanan masyarakat dan juga kejahatan. Fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap diantaranya ada wastafel, tempat sampah, toilet, Wifi, tempat duduk dan
wahana anak. Terdapat juga lapangan voli untuk berolahraga yang melengkapi tempat ini.

Banyak patung-patung superhero dari sequel luar negeri seperti ironman, superman dan batman. Ada juga superhero dalam negeri seperti Gatot Kaca dan Gundala. Patung-patung tersebut menjadi kesan tersendiri bagi para pengunjung.

Seperti yang dikatakan Setiady (41) yang sengaja membawa anak-anaknya untuk bermain di Taman Super Hero ini. Di sini ada patung-patung Super Hero dan bikin tertarik anak anak. "Tempatnya yang sejuk dan nyaman didukung dengan tanaman-tanaman yang mengelilingi taman tersebut, bukan
hanya buat anak-anak betah, tapi juga saya betah ditaman ini," ungkapnya sambil tersenyum.

Terdapat juga sejumlah peraturan yang diberlakukan di Taman Super Hero ini seperti dilarang membuang sampah sembarangan dan merokok, sehingga  tempat ini terjaga keasriannya.  Para pengunjung yang membawa anak-anaknya kemari bersuka ria di Taman Super Hero ini. Mereka berharap agar fasilitas umum dan wahana anaknya lebih diperbanyak lagi.

"Taman-taman di Kota Bandung lebih diperbanyak, fasilitas taman dilengkapi. Bukan cuma taman ini saja, tapi taman lainnya juga. Kalau bisa fasilitas buat anaknya, toilet dan musola juga," lanjutnya.(OL-13)

Baca Juga: Komunitas Kiai Muda Jatim Gelorakan Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat