visitaaponce.com

Gobak Sodor, Permainan Tradisional yang Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

Gobak Sodor, Permainan Tradisional yang Bisa Jadi Daya Tarik Wisata
Pemain penyerang berusaha menghindari penjaga garis saat mengikuti pertandingan gobak sodor(ANTARA FOTO/Siswowidodo)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), tidak hanya fokus pada pengembangan tempat wisata alam dan destinasi fisik lainnya. Namun, juga kembali menggelar permainan tradisional yang diharapkan juga dapat menarik wisawatan.

Misalnya saja, pada Jumat (10/2), di Lapangan Panahan GOR Satria Purwokerto digelar permainan tradisional gobak sodor. Permainan yang diikuti oleh para ibu tersebut cukup menarik perhatian masyarakat. Keseruannya membuat penonton juga ikut tertawa bahagia. Pagelaran permainan gobak sodor tersebut menjadi bagian untuk menyemarakkan hari jadi Banyumas ke-452.

Ketua TP PKK Banyumas Erna Husein menjelaskan pihaknya sengaja menggelar permainan tradisional gobak sodor sebagai upaya pelestarian.

"Kami berupaya nguri-uri (melestarikan), sehingga menjadi salah satu tradisi yang nantinya bisa menarik orang untuk menonton, bahkan ikut bermain," katanya.

Baca juga: Mengenal Permainan Gasing dari Bumi Nusantara

Permainan tradisional dapat menjadi salah satu daya tarik wisata. Sehingga bukan saja tempat wisata alam atau destinasi fisik yang dilestarikan, melainkan juga tradisi.

"Semoga ini bisa dilestarikan  dan dapat menjadi salah satu program olahraga anak sekolah karena menyenangkan dan dapat menjadi hiburan," tuturnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat