visitaaponce.com

Diguyur Hujan Seharian, Kantor PC NU dan Rumah Warga Sukabumi Kebanjiran

Diguyur Hujan Seharian, Kantor PC NU dan Rumah Warga Sukabumi Kebanjiran
Anggota PC NU mengevakuasi barang.(Dokumentasi pribadi.)

HUJAN dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Sukabumi, Jawa Barat, mengakibatkan banjir dan longsor di tiga kecamatan. Dua rumah dan satu kantor PC NU hampir selama 4 jam terendam banjir akibat saluran air yang tersumbat sampah. 

Banjir yang merendam kantor PC NU di jalan raya Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akibat saluran air yang tersumbat sampah. Sejumlah pengurus kantor yang melihat kondisi air terus naik mengevakuasi barang-barang ke lantai atas. 

Ketinggian air yang sempat mencapai satu meter ini menggenangi kantor PC NU dan hingga saat ini pun tak berangsur surut. Pasalnya, sampah yang menumpuk menutup saluran air. 

Selain kantor PC NU, dua rumah warga lain terendam setinggi satu meter yang dihuni tujuh jiwa. Seluruh barang berhasil dievakuasi sebelum genangan air tinggi. Penanganan banjir akan dilakukan petugas BPBD setelah genangan air surut untuk dilakukan pengerukan pada saluran air yang menjadi penyebab utama banjir. 

Baca juga: Kawasan Gunung Raung dan Ijen Diterjang Banjir

Selain banjir, BPBD Kabupaten Sukabumi juga mencatat dua titik longsor yang menimpa rumah warga, yaitu di Kecamatan kabandungan dua rumah milik Deden dan Ijoh sedangkan di Kecamatan Cicurug satu rumah milik Farman Abdurahman. Tidak ada korban dalam kejadian bencana longsor dan banjir ini. Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut pengurus Kantor PC NU, Jalaludin, saat aliran sungai naik membawa sampah bambu menutup saluran dan mengakibatkan banjir menggenangi kantor. Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Medi Abdul Hakim, mengatakan akibat hujan ini pihaknya mencatat ada tiga kecamatan yang dilanda banjir dan longsor. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat