visitaaponce.com

Wagub Uu Jaga Wajah Baru Situ Bagendit dan Kenyamanan agar Pikat Wisatawan

Wagub Uu: Jaga Wajah Baru Situ Bagendit dan Kenyamanan agar Pikat Wisatawan
Revitalisasi destinasi wisata Situ Bagendit, Kab.Garut, Jabar sudah selesai diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan.(MI/Adi Kritiadi-Diskominfo)

PEMERINTAH Kabupaten Garut menata ulang (revitalisasi) kawasan wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi. Dengan biaya revitalisasi dari APBN senilai Rp82 miliar, diharapkan kawasan wisata tersebut dapat meningkatkan daya tarik bagi pengunjung.

"Revitalisasi Situ Bagendit bertujuan untuk menarik pengunjung sehingga geliat ekonomi warga pun dapat terdongkrak. Alasan itulah, saya berkunjung ke sini tujuannya tidak lain melakukan evaluasi setelah destinasi wisata ditata (revitalisasi) dengan dana dari APBN ini memiliki efek domino kemanfaatan. Khususnya peningkatan pendapatan masyarakat," ucap Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau Situ Bagendit, Sabtu (18/2/2023)

Wagub Uu meminta, masyarakat atau lingkungan di sekitar lokasi wisata mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan. Masyarakat sekitar jangan ambil kesempatan dengan memberikan harga seenaknya bagi wisatawan. Sebab akan membuat wisatawan kapok berbelanja dan datang ke Situ Bagendit dan destinasi wisata di Jabar.

"Ibaratnya karena nila setitik rusak susu sebelangga, jadi itu harus dijaga oleh masyarakat dan lingkungan sekitar Situ Bagendit," pesan Wagub Uu.

Kehadiran sarana rekreasi yang terjangkau, lanjut Uu, dapat meningkatkan indeks kebahagiaan warga. Untuk itu beberapa destinasi dilakukan pembenahan ruang publik dan fasilitasnya sehingga menarik wisatawan datang ke sana. Dampaknya akan membuat geliat ekonomi.

"Jadi pembangunan destinasi wisata memiliki makna luar biasa dan para penunjang kebahagiaan masyarakat dan juga mampu meningkatkan perekonomian. Karena, jaga Situ Bagendit yang telah ditata. Pemerintah desa setempat, para pedagang dan masyarakat lainnya mari sama-sama jaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan Situ Bagendit sehingga wisatawan makin banyak yang datang," ujarnya.

Kedepannya, lanjut Wagub, pemerintah desa berkeinginan agar makin banyak warga yang bisa diberdayakan di kawasan wisata. Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)  bisa mendapat bantuan permodalan. Semua itu masih dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait

"Jadi tolong pelihara destinasi wisata yang sudah susah payah dibangun ini, di antaranya dengan menjaga kebersihan dan memanfaatkan fasilitas umum tanpa merusak. Masyarakat diminta memelihara dan merawat maksimal, jangan digunakannya yang tidak baik apalagi dipakai maksiat," pesan Wagub Uu. (OL-13)

Baca Juga: Telan Rp87,7 M, PUPR Selesaikan Revitalisasi Situ Bagendit di Garut

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat