visitaaponce.com

Akhirnya Pemkot Tasikmalaya Tutup Pembuangan Sampah di depan SDN Argasari

Akhirnya Pemkot Tasikmalaya Tutup Pembuangan Sampah di depan SDN Argasari
Setelah 7 tahun siswa SDN Argasari menahan bau sampah dan ribuan lalat, akhirnya Pemkot Tasikmlaya menutup TPS di depan sekolar mereka, Rabu(MI/Adi Kristiadi)

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya akhirnya menutup tempat pembuangan sementara (TPS) di depan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Argasari, Keluragan Argasari, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Penutupan dilakukan karena bau sampah dan lalat sudah sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Pemkot Tasikmalaya mengerahkan alat berat (ekskavator mini) dan puluhan dum truck membersihkan sampah di depan SDN Argasari ke tempat pembuangan akhir (TPA) Ciangir, Kecamatan Tamansari. Pembersihkan tumpukan melibatkan berbagai unsur pemerintahan mulai Dinas Lingkungan Hidup, TNI, Polri, Satpol PP dan masyarakat hingga memasang alat kamera CCTV di lokasi tersebut.

Kepala Sekolah SDN Argasari, Ma'mun mengaku, bersyukur dan berterimakasih akhirnya Pemkot Tasikmalaya dan apararat TNI serta warga menutup area TPS. Kendati sudah bertahun-tahun keluhan disampaikan ke instansi terkait, karena bau sampah dan lalat sudah sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar. Siswa meminta pindah ruan kelas karena tidak tahan mencium bau busuk sampah.

Baca juga : Pemkot Tasikmalaya Abaikan Siswa SDN Argasari Hilang Konsentrasi Belajar

"Alhahamdulillah setelah tiga kepala sekolah mengajukan permintaan agar tempat pembuangan sementara (TPS) dipindahkan ke lokasi yang lain, akhirnya sekarang terkabul. Prosesnya memang lama, sejak dulu sudah dikeluhkan, alhamdulillah pimpinan Pemkot Tasikmalaya sekarang lebih peduli setelah ramai diberitakan," kata Ma'mun kemarin.

Dalam kesempatan itu, Lurah Argasari, Rahmat Koswara, menyatakan permohonan maaf karena persoalan bau sampah dari TPS Argasari sudah terjadi 7 tahun lalu. Baru sekarang bisa diambil tindakan menutup area TPS di depan SDN Argasari, karena penutupan TPS di sana menimbulkan pro kontra warga setempat.

"Kami sangat mengapresiasi keputusan dari Pemkot Tasikmalaya untuk menutup total TPS Argasari dan memang beberapa tahun lalu tak berani mengambil keputusan menutup. Bekas lokasi TPS langsung dipasangi CCTV, kalau ada warga yang buang sampah di sana biar ditangkap dan didenda. Untuk TPS dialihkan ke belakang Mal Mayasari," paparnya. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat