visitaaponce.com

Harga Gabah Kering Di Pamekasan Melonjak

Harga Gabah Kering Di Pamekasan Melonjak
Gabah hasil panen.(ANTARA)

HARGA gabah kering di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, saat ini di atas harga yang ditetapkan pemerintah. Mahalnya harga gabah disebabkan minimnya persediaan akibat belum memasuki musim panen.

Data di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan menyebutkan, saat ini harga gabah kering giling mencapai Rp 6 ribu per kilogram. Harga ini di atas harga yang ditentukan pemerintah yang sebesar Rp4.450 per kilogram.

Kepala Bidang Katahanan Pangan DKPP Pamekasan, Frida Eka Diana mengatakan saat ini sebagian masyarakat memilih membeli gabah akibat mahalnya harga beras. Sehingga harga barang tersebut naik karena belum memasuki musim panen.

"Memang kalau dibanding dengan membeli beras, membeli gabah hitungannya lebih murah dan berasnya baru. Karenanya, banyak yang memilih membeli gabah," katanya, Kamis (23/2).

Kebiasaan sebagian besar petani di Madura, kata dia, tidak menjual gabah mereka ke tengkulak pascapanen, namun disimpan untuk kebutuhan konsumsi sendiri. Mereka baru akan menjualnya menjelang musim panen. "Makanya, saat ini sangat mudah untuk mencari gabah kering di pasaran," katanya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat