visitaaponce.com

Harga Gabah Mulai Anjlok

Harga Gabah Mulai Anjlok
Iustrasi gabah(MI/Amir MR )

HARGA gabah di tingkat petani anjlok. Anjloknya harga gabah dikarenakan areal yang panen makin meluas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, untuk gabah kering panen (GKP) di tingkat petani di Kabupaten Cirebon saat ini rata-rata di kisaran Rp 5.400 - Rp 5.500 per kilogram untuk kualitas satu. Gabah kualitas ini dipanen dengan menggunakan mesin combine. Sedangkan GKP kualitas dua atau yang dipanen secara manual dengan menggunakan grabagan, rata-rata dihargai Rp 5.200 - Rp 5.300 per kilogram.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Cirebon, Tasrip Abu Bakar menjelaskan harga gabah saat ini lebih rendah dibandingkan Februari lalu. saat itu harga GKP di Kabupaten Cirebon mencapai Rp 8.500 per kilogram.  

Baca juga : Kebijakan Fleksibilitas Harga dari Bapanas Diapresiasi

“Masa panen yang  berbarengan di berbagai daerah membuat harga gabah anjlok,” tutur Tasrip.

Sekali pun anjlok, Tasrip mengakui bahwa harga gabah saat ini masih di atas harga pembelian pemerintah (HPP), yang mencapai Rp 5.000 per kilogram. 

“Tapi HPP  saat ini  belum berpihak pada petani. Ini  karena besarnya biaya tanam yang harus dikeluarkan petani,” tutur Tasrip.

Baca juga : Bantul Masih Surplus Beras di Rumah-Rumah Petani

Terlebih, selama musim tanam rendeng 2023/2024, sejumlah petani harus melakukan tanam ulang karena pengaruh cuaca ekstrem. Mereka pun menurut Tasrip harus mengeluarkan biaya tambahan baik untuk bibit, pemupukan, pembelian obat-obatan, upah pekerja dan lainnya. 

“Dengan harga gabah yang sekarang hanya di kisaran Rp 5.200 - Rp 5.500 per kilogram, hasil yang diperoleh petani ya pas-pasan. Terutama bagi petani penggarap yang menyewa lahan,” tutur Tasrip.

Untuk itu, Tasrip meminta kepada pemerintah untuk bisa menaikkan harga  pembelian pemerintah untuk gabah.

“Sehingga harga gabah tidak semakin anjlok,” pinta Tasrip. (UL/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat