visitaaponce.com

Waspada Flu Burung, Kementan Perlu Perkuat Pengawasan Unggas

Waspada Flu Burung, Kementan Perlu Perkuat Pengawasan Unggas
Peternakan ayam(DOK Pinsar)

MUNCULNYA kewaspadaan terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) Flu Burung Clade Baru 2.3.4.4b harus dimulai dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memperkuat pengawasan terhadap unggas.

"Melihat prevalensi di unggas, jika tinggi prevalensinya bisa di perkirakan menular ke manusia. Tapi upaya pertama sebenarnya leadingnya di Kementan," kata Epidemiolog Universitas Indonesiaa (UI) Masdalina Pane, Sabtu (25/2).

Kementan sudah mengeluarkan Surat Edaran Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) subtipe H5N1 clade baru 2.3.4.4b. Dalam SE tersebut ditekankan bahwa diperlukan peningkatan kewaspadaan dalam monitoring dan tindakan antisipatif untuk mencegah menyebarnya virus flu burung dan diperlukan rencana kontigensi dalam upaya kesiagaan terhadap munculnya virus ini.

Diharapkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi dan Kabupaten/Kota yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan untuk melakukan pembinaan kepada pemilik/peternak unggas terhadap kewaspadaan dan pelaporan jika ditemukan tanda klinis yang mengarah pada Avian Influenza (AI) yang dapat berupa penurunan produksi atau kematian mendadak, melaporkan ke Isikhnas terhadap informasi tanda klinis yang mengarah pada Avian influenza yang dapat berupa penurunan produksi atau kematian mendadak pada unggas.

Sedangkan, masyarakat diharapkan segera melaporkan bila mencurigai unggas mengalami sakit. Selain itu pemerintah daerah juga diharapkan bisa melakukan edukasi yang tepat agar masyarakat bisa menghindari dan mendeteksi bila terjadi flu burung pada unggas peliharaan.

Kemudian tetap menggunakan masker di tempat publik dan Rumah sakit/puskesmas danpraktek dokter, segera ke rumah sakit jika muncul gejala flu burung (demam diatas 38 derajat, nyeri otot dan sendi) dan memiliki riwayat kontak dengan unggas. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat