visitaaponce.com

Lima Kabupaten Dan Satu Kota Di Sulteng Alami Kemiskinan Ekstrem

Lima Kabupaten Dan Satu Kota Di Sulteng Alami Kemiskinan Ekstrem
Ilustrasi(DOK MI)

LIMA kabupaten dan satu kota di Sulawesi Tengah (Sulteng) mengalami kemiskinan ekstrem. Keenam wilayah tersebut adalah Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Buol, Sigi, dan Kota Palu.

"Tahun ini enam wilayah itu menjadi target perluasan kabupaten/kota program prioritas percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem 2023-2024," terang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sulteng, Rudi Dewanto di Palu, Minggu (5/3).

Menurut Rudi, kemiskinan sampai saat ini masih menjadi masalah global, termasuk Indonesia, khususnya Sulteng. Karena itu, masalah kemiskinan merupakan hal penting sebagai tantangan besar untuk segera dituntaskan. "Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menjadikan persoalan kemiskinan sebagai salah satu target tujuan pembangunan berkelanjutan yang selalu di evaluasi dari waktu ke waktu,” ujarnya.

RPJMD Sulteng 2021-2026 menargetkan, tingkat kemiskinan di 2023 menurun menjadi 10,84 %. "Tentu dalam menurunkan kemiskinan ekstrem diperlukan strategi melalui pengurangan beban, pengeluaran masyarakat dengan cara memberikan bantuan sembako kepada rumah tangga miskin,” tandas Rudi.

Sebelumnya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tengah, melaporkan jumlah penduduk miskin di provinsi itu pada 2022 mencapai 389,71 ribu orang. Jumlah itu meningkat dibandingkan 2021. Kepala Bappeda Sulteng, Christina Shandra Tobondo mengatakan, ada penambahan jumlah penduduk miskin 1,36 ribu orang dibanding Maret 2022, dan bertambah 8,50 ribu orang dari periode September 2021.

"Dengan melihat kondisi persentase penduduk miskin merupakan tertinggi di Sulteng sebesar 12,30 persen. Maka aanga kemiskinan di Sulteng tertinggi kedua setelah Gorontalo tahun 2022,” imbuhnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat