visitaaponce.com

Atal Depari Siap Bertarung Lagi Pada Pemilihan Ketua Umum PWI Pusat

Atal Depari Siap Bertarung Lagi Pada Pemilihan Ketua Umum PWI Pusat
Presiden Joko Widodo, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua Umum PWI Atal S Depari(DOK/SETNEG)

PETAHANA Atal S Depari menyatakan diri siap bertarung dalam kontestasi kursi Ketum PWI Pusat periode 2023-2028.
 
"Saya siap maju lagi dalam pemilihan Ketua Umum PWI Pusat periode 2023 - 2028 pada konferensi PWI Pusat tahun ini," ujarnya, di Kantor PWI Pusat, Jakarta, Rabu (8/3).

Konferensi pemilihan Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028, dijadwalkan berlangsung di Jawa Barat, akhir September 2023.
 
Menurut Ketua Umum PWI Pusat periode 2018-2023 itu, PWI sebagai lembaga pers tertua di Indonesia yang lahir 1946, selalu mengedepan kemerdekaan pers untuk ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Karena itu, saya yang bergelut di dunia kewartawanan sejak 1970-an naluri saya merasa terpanggil untuk kembali bersaing merebut Ketum PWI periode 2023 - 2028, demi lebih menciptakan, meningkatkan Kemerdekaan dan kebebasan pers di Indonesia, sesuai amanah Undang-undang nomor 40 tahun 1990 tentang pers di era digitalisasi sekarang," ujarnya.

Atal mengakui menjalankan tugas sebagai Ketum PWI Pusat tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi, apalagi sekarang di era kemajuan teknologi dan informatika.

"Sebagai lembaga pers, PWI  harus mengatur dan mengarahkan puluhan ribu wartawan PWI yg tersebar di Indonesia, agar dalam menjalankan tugasnya sejalan dengan kaidah-kaidah Jurnalistik sehingga menjadi seorang wartawan profesional," ujarnya.

Dari 10 program PWI, lanjut dia, sembilan program di antaranya menyangkut pendidikan. Tetapi, ternyata di lapangan masih banyak juga wartawan anggota PWI dalam membuat karya tulisnya belum lengkap sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik.
 
Begitu pula halnya dengan kemerdekaan pers, yang bebas dan bertanggung jawab terhadap karya tulis yang dibaca masyarakat umum.

"Ini tentu masih menjadi tantangan PWI ke depan. Karena itu, sejumlah program yang sudah saya laksanakan  bersama-sama pengurus PWI Pusat di periode 2018-2023, pada periode kedua nanti bila saya terpilih kembali sudah pasti lebih dioptimalkan demi kepentingan dan kesejahteraan semua anggota PWI di Indonesia," katanya.
 
Dukungan daerah

Dalam kontestasi Ketua Umum PWI Pusat, Selain Atal S Depari, yang sudah mendeklarasikan diri maju, di antaranya Hendry Ch Bangun. Pada konferensi PWI di Solo pada 2018 lalu, dia kalah bersaing merebut kursi Ketum PWI Pusat dari Atal S Depari.

Sementara itu, Ketua PWI Sulawesi Utara Voucke Lontaan menilai, Atal S Depari masih sangat pantas untuk menduduki Ketum PWI Pusat periode kedua.
 
"Kenapa saya katakan begitu. Karena selama Atal S Depari menjalankan tugas Ketum PWI Pusat periode 2018-2023, sudah banyak yang dia buat  demi kepentingan organisasi dan anggota PWI se-Indonesia.

Bukan saja itu, Voucke menambahkan, umumnya para Ketua PWI di daerah masih menginginkan Atal S Depari menjabat Ketum PWI Pusat.
 
"Ini karena sikap dan prilaku Atal S Depari sangat terbuka untuk berkomunikasi dengan para Ketua PWI di daerah. salah satu program, yakni  Uji Kompetensi Wartawan yang menjadi regulasi Dewan Pers  juga berjalan lancar. Sejak kepemimpinan Atal Depari sebagai Ketua Umum, sudah puluhan ribu wartawan PWI di Indonesia yang ikut uji kompetensi wartawan. Ini harus diakui," katanya.
 
Karena itu bagi Voucke, sangatlah pantas Atal Depari dipilih kembali para Ketua PWI Provinsi  menjadi Ketua Umum PWI Pusat periode 2023-2028. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat