visitaaponce.com

Kembangkan Simulator bagi Pelaut, Kemenhub Kerja Sama dengan Korsel

Kembangkan Simulator bagi Pelaut, Kemenhub Kerja Sama dengan Korsel
Acara Korea-Indonesia Offshore Congress di Jakarta, Selasa (14/3/2023).(Ist)

BADAN Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar menjalin kerja sama potensial dalam pengembangan pelatihan simulator bagi tenaga pelaut dengan perusahaan NewGen Information and Service Co. Ltd. Korea Selatan

Kerja sama tersebut dituangkan dalam dokumen project yang ditandatangani oleh Direktur PIP Makassar dengan President Director NewGen Information and Service Co. Ltd, Selasa (14/3), bertempat di Hotel Raffles Jakarta.

Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas layanan yang dimiliki serta menghasilkan SDM pelaut berkualitas.

Baca juga : Gandeng Tiga Kampus Korsel, Unesa Selangkah lebih Maju jadi Universitas Kelas Dunia

“PIP Makassar menyambut baik adanya kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan ini guna memenuhi kebutuhan SDM pelaut berkualitas di dunia pelayaran,” ungkapnya dalam sebuah keterangan tertulis.

Kreatif Cari Peluang Usaha 

Ia menambahkan, sesuai arahan Kepala BPSDM Perhubungan yang terus mendorong seluruh Kampus di lingkungan BPSDM Perhubungan agar kreatif mencari peluang pengembangan usaha.

Baca juga : Politeknik Pelayaran Banten Gelar Pelantikan 2.248 Perwira Transportasi Laut

Selain itu, termasuk juga kemungkinan berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, dan swasta baik dalam maupun luar negeri.

"Salah satu upaya kolaborasi dan sinergi yang dilakukan yakni menjalin kerja sama dengan industri-industri di bidang pelayaran yang diharapkan akan memberikan manfaat di mana pendidikan dipersiapkan untuk menjawab tantangan dan menyesuaikan dengan industri," tambahnya.

Menurutnya, langkah yang diambil ini melalui kolaborasi dan sinergi dengan industri juga sejalan dengan core value BPSDM Perhubungan PRESTASI (Profesional, etika, standar global, dan integritas). 

Baca juga : 15 Politeknik Terima Hibah Teknologi Sistem Distribusi Listrik

"Kerja sama ini adalah wujud nyata upaya menjadikan lulusan dapat bersaing di pasar kerja pelayaran global," ujarnya.

Pengembangan dan Penyediaan Simulator

Perjanjian kerja sama ini mencakup pengembangan dan penyediaan simulator untuk pelatihan, penyediaan tenaga pelaut kompeten untuk pertukaran dan bekerja di Korea, dan layanan dan dukungan terkait teknologi masa mendatang sesuai yang telah dibahas dan disetujui kedua belah pihak.

Baca juga : The New You Institute dan Thunderbird School Kembangkan Global Leadership Program

Turut hadir dalam penandatangan MoU Kepala Pusat PSDM Perhubungan Laut, Amirudin dan Kepala Bagian Umum dan Kerjasama PIP Makasar, Budi Joko Raharjo. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat