visitaaponce.com

Politeknik Pelayaran Banten Gelar Pelantikan 2.248 Perwira Transportasi Laut

Politeknik Pelayaran Banten Gelar Pelantikan 2.248 Perwira Transportasi Laut
Pelantikan Perwira Transportasi Laut Politeknik Pelayaran Banten(Dok. Poltekpek Banten)

SEBANYAK 2.248 Perwira Transportasi Laut Politeknik Pelayaran Banten dilantik oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pelantikan dilakukan oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut Ahmad  Para perwira yang dilantik terdiri dari Program Diklat Pelaut Peningkatan Serta Program Diklat Pelaut Pembentukan dan Diploma III Politeknik Pelayaran Banten.

Lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat II, III, IV, dan V Bidang Keahlian Nautika dan Teknika, Diklat Pelaut Pembentukan III dan IV, dan Diploma III yang dilantik telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.01, 7.02, 7.03 dan 7.04 dengan sistem dan metode pembelajaran sesuai masa studi masing-masing. 

Upacara pelantikan dan pelepasan perwira transportasi kali ini mengusung tema “Perwira Transportasi Laut yang Unggul, Berdaya Saing dan Berbasis Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045”. 

Baca juga : Politeknik Pelayaran Banten Gelar Bon Voyage 887 Perwira Transportasi Laut

Tema itu bertujuan memberi pemahaman secara inklusif kepada masyarakat, khususnya sektor maritim untuk Perwira Transportasi yang unggul merupakan modal untuk mampu bersaing dan berkompetisi di dunia kerja. Soft skill dan hard skill yang harus senantiasa ditambah dan diperbaharui agar menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang semakin modern.

Ahmad mengatakan, pelaut Indonesia merupakan sumber daya maritim potensial untuk mewujudkan visi poros maritim dunia. 

“Saya mengimbau saudara-saudari memahami betul peran saudara dan dengan semangat mendedikasikan ilmu yang didapat selama pendidikan dan pelatihan guna mewujudkan visi misi tersebut” ujarnya.

Baca juga : Usung Zero Accident, KSOP Gresik Sosialisaikan Keselamatan Pelayaran

Ahmad mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan pendidikan dan pelatihan dan siap untuk mendharmabaktikan diri untuk mempertahankan dan meningkatkan kejayaan Indonesia di laut. 

Ia juga mengapresiasi sivitas akademika Poltekpel Banten, khususnya para dosen dan instruktur dalam upaya mendidik dan melatih para generasi maritim Indonesia sehingga mampu melahirkan perwira-perwira transportasi laut yang unggul dan berdedikasi tinggi serta berperan aktif pada perkembangan dunia maritim guna mewujudkan Indonesia emas 2045 melalui sektor maritim.

Momen pelantikan dan pelepasan itu juga dibarengi penandatanganan sejumlah nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa perusahaan pelayaran.

Baca juga : Rayakan Hari Pelaut Sedunia, Kemenhub Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran di Bali

Poltekpel Banten juga menggelar pelaksanaan sistem Delivery On atau pemberian ijazah secara langsung kepada para wisudawan setelah selesai pelaksanaan upacara pelantikan. 

Seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan proses diklatnya dan dinyatakan lulus serta melengkapi seluruh administrasi dapat langsung mengambil ijazah di loket pelayanan Gedung satu atap Politeknik Pelayaran Banten. (Z-5)

Baca juga : Bung Tomo Siap Bawa Para Pemudik Pulang Kampung untuk Berlebaran

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat