visitaaponce.com

Pemkab Samosir Pantau Harga dan Ketersediaan Bapokting

Pemkab Samosir Pantau Harga dan Ketersediaan Bapokting
Jelang Ramadan, Pemkab Samosir pantau harga komoditas penting di pasar.(MI/Belvania Sianturi)

MENJELANG Ramadan, Idul Fitri, dan sekaligus dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir bersama Forkopimda dan TPID melakukan survei dan memantau ketersediaan dan harga Bahan Pokok Penting (Bapokting) di Pasar Tradisional Onan Baru, Pangururan, Kabupaten Samosir.

Berdasarkan hasil monitoring, untuk stok dan ketersediaan bapokting masih cukup aman. Harga beberapa bapokting masih relatif normal, ada yang naik dan ada juga yang turun.

Beberapa komoditas yang mangalami harganya naik adalah telur, naik Rp2.000 per papan dan harga bawang merah mengalami kenaikan sekitar Rp 5.000 per kg.

Baca juga: Menjelang Ramadan Harga Ayam Potong di Palu Melambung

Bupati Samosir diwakili Pj Sekda Waston Simbolon menyampaikan sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa pemerintah harus mengendalikan inflasi. Bisa dilakukan dengan menjaga keterjangkauan harga, menggelar pasar murah, menjamin kelancaran distribusi dan transportasi, menstabilkan harga, dan menjamin ketersediaan bahan pangan serta memberikan bantuan bansos kepada masyarakat rentan terhadap dampak inflasi.

Menjelang hari besar keagamaan nasional, sering terjadi peningkatan kebutuhan pokok dan peningkatan harga, ketergantungan pasokan bahan pangandari luar daerah serta peningkatan tekanan permintaan.

Untuk itu, Bupati meminta OPD teknis bersama dengan pemangku kepentingan terkait agar terus menjalin koordinasi dan bersinergi. 

"Kita harus senantiasa hadir dalam melayani masyarakat serta melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi dalam strategi ketersediaan, keterjangkauan, dan kelancaran bahan pokok yang akan dikonsumsi", kata Waston saat Rapat Koordinasi Daerah di Aula Kantor Bupati Samosir, Sumatra Utara, Kamis (16/3).

Baca juga: Pengamat: Butuh Waktu Tunggu Harga Beras Turun

Dia berharap agar TPID bersinergi dan konsisten dalam melakukan inventarisasi data terkait harga barang.

Sementara itu, Wakapolres Samosir Komisaris ST Panggabean mengatakan dalam menekan inflasi dia menyarankan agar pemerintah melalui Dinas Ketapang dan Pertanian mendorong masyarakat melakukan penanaman  terhadap komoditi yang rentan berpengaruh pada inflasi.

Senada dengan Kapolres Samosir,  Dandim 0210/TU melalui Danramil Pangururan Kapten Sugino meminta agar pemerintah kabupaten  menggerakkan dan membantu para peternak khususnya ayam petelur dan petani bawang putih, karena dua komoditi ini masih didatangkan dari luar Samosir.

Sedangkan Kajari Samosir yang diwakili Kasi Datun Wisdom menyampaikan bahwa inflasi menjadi konsen pemerintah saat ini. Untuk menekan inflasi saat ini, Wisdom menyarankan agar Pemkab Samosir menggelar operasi pasar murah dengan mengikuti regulasi yang ada. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat