visitaaponce.com

Kalimantan Selatan Bangun Forest City Kedua

Kalimantan Selatan Bangun Forest City Kedua
Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor memimpin penanaman pohon di lokasi forest city kedua di Kota Banjarbaru(MI/DENNY SUSANTO)

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan kembali membangun kawasan hutan kota (forest city) dalam rangka menyukseskan program Revolusi Hijau. Forest city dibangun di lahan seluas 23 hektare di kawasan lapangan golf Swarga Loka, Kota Banjarbaru.

Pembangunan forest city dicanangkan Gubernur Kalsel, Sahbirin
Noor, saat penanaman pohon dalam rangka Hari Bakti Rimbawan, Kamis (16/3). Tanah Pemprov Kalsel yang akan dijadikan kawasan forest city ini dulunya merupakan lahan tidur milik Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel.

Kini lahan gambut yang dikelola Dinas Kehutanan tersebut sudah
ditanami tanaman jenis Pulai sebanyak 3.000 pohon. Nantinya lahan seluas 23 hektare ini akan ditanami bibit pohon sebanyak 25.000 batang
dengan beragam jenis seperti Pulai, Belangeran, Jelutung dan Kayu putih.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra mengatakan, kegiatan penanaman ini selain bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan tutupan lahan di Kalsel. Juga sejalan dengan komitmen
Pemprov Kalsel untuk pengendalian perubahan iklim serta mendukung Net Zero Emision melalui Indonesia's FOLU Net Sink (IFNS) 2030 dengan memanfaatkan lahan tidur secara baik. Salah satunya  dengan menanam pohon.

"Nanti jenis keberagamannya akan terus ditambahkan, menyesuaikan
kondisi lahan yang ada dan akan ditanam secara bertahap. Ini diharapkan
akan menjadi areal kedua selain Forest City di lingkungan perkantoran Setda Kalsel," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov Kalsel sudah memiliki Forest City Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) yang diresmikan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu. Forest city yang  berada di kawasan perkantoran Setda Kalsel itu dinilai cukup berhasil dan dijadikan pilot project program penghijauan lingkungan secara nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat